Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Mendagri: ACFTA Akan Kita Renegosiasi

Saturday, 23 January 2010 20:57

KUDUS - Pemerintah mengupayakan pembicaraan ulang terkait kesepakatan perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN dengan China (ASEAN-China Free Trade Agreement/ACFTA).

Hal itu ditegaskan Menteri Perdagangan RI, Mari Elka Pangestu. "Saat ini, Menteri Perekonomian dan sejumlah pihak yang berada di atasnya masih melakukan koordinasi dengan melakukan serangkaian langkah yang komprehensif terkait kerjasama ACFTA," kata Mendagri malam ini.

Dengan pembicaraan ulang, katanya, memang akan menjadi perhatian untuk dilakukan pemerintah. Sedangkan jangka waktu lamanya proses pembicaraan ulang kerjasama ACFTA, kata Mari, pihaknya tidak bisa menyampaikan, karena baru awal proses. "Kami akan kerja keras menyelesaikan proses ini," ujarnya.

Ia berharap, sejumlah pihak tidak terlalu mengkhawatirkan kemungkinan produk dalam negeri kalah bersaing dengan produk impor. "Produksi batik dan garmen dari dalam negeri tidak kalah bersaing dengan luar. Pemerintah tetap akan berupaya mendorong peningkatannya terus," ujarnya.

Untuk sektor industri yang mengajukan penundaan pemberlakuan kerjasama ACFTA, katanya, sudah ada proses melalui koordinasi dengan Menko Perekonomian yang teridentifikasi sebanyak 228 tarif yang dianggap mengalami masalah. "Yang jelas, kami tetap berupaya melakukan penbicaraan ulang," tukasnya.

Menurut Mendagri, sejumlah langkah yang akan dilakukan pemerintah yakni meningkatkan promosi, menghadapi masalah infrastruktur, perdagangan tidak adil lengkap dengan sejumlah instrumennya.

Selain itu, pemerintah juga mendorong peningkatan kualitas produk dalam negeri, seperti batik dan produk makanan. "Saat ini, banyak pihak yang berupaya melanjutkan program cinta hasil produk Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, program tersebut juga mendapat dukungan dari sejumlah pihak, termasuk pemda, dengan menggunakan batik dan kain nasional. Dengan demikian ada permintaan dari dalam negeri, maka berdampak pada peningkatan penjualan produk lokal.

"Kita memang harus membantu produksi lokal agar memenuhi kualitas, sehingga bisa mengurangi impor produk serupa," ujarnya.
(dat08/inilah)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=84122:mendagri-acfta-akan-kita-renegosiasi&catid=77:fokusutama&Itemid=131
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts