Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Masyarakat Frustasi Keluhkan Pemadaman Bergilir

Saturday, 23 January 2010 19:51

MEDAN - Dalam konteks otonomi daerah, peranan pemerintah daerah begitu urgen. Pemadaman bergilir yang direncanakan akan berkurang nyatanya tidak terealisir. Malah makin hari justru makin parah.. Kondisi ini harusnya bukan persoalan biasa dan tidak bisa dibiarkan berkepanjangan.

“Memang listrik byar-pet telah ’memantik’ rasa gusar yang sudah lama dipendam masyarakat. Hanya saja, luapan aspirasi emosi itu entah disalurkan ke mana warga sudah tak tahu. Nyaris signifikansi aksi itu tidak efektif untuk mengurangi pemadaman bergilir,” ujar direktur Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK), Farid Wajdi, malam ini.

Aspirasi emosi itu, Farid mengatakan, hanyalah sekadar mempermalukan para petinggi perusahaan ‘plat merah’ itu. Namun sayangnya, rasa malu itupun kini makin menipis, seiring dengan tipisnya rasa tanggungjawab hukum dan moral para politisi negeri ini.

“Meskipun pemadaman bergilir telah diberitahukan kepada pelanggan, tidak berarti petinggi PLN dapat memadamkan listrik begitu saja,” tutur Farid.

Seharusnya, Farid mengharapkan, ada jadwal yang terukur, misalnya soal kapan, di mana dan berapa lama listrik di suatu kawasan dipadamkan. Namun sebenarnya, Farid menjelaskan, bahwa kesalahan fatal pemadaman bergilir selain listrik padam adalah jadwal giliran yang amburadul.

“Untuk itu, irama listrik ‘byar-pet’ harusnya dapat diakses pelanggan, sehingga dapat menyesuaikan agenda dan aktivitas kerja,” jelasnya.

Menurutnya, LAPK dalam menangani kasus publik seperti listrik sangat tergantung pada sikap kritis warga. Kalau warga menginginkan, misalnya melakukan gugatan hukum (class action), atau melakukan aksi massif atau kampanye boikot bayar listrik, tentu lembaga konsumen punya pengalaman dan siap melakukan itu.

“Masalahnya dalam banyak kasus, warga sudah begitu apatis dan frustasi dalam menyikapi pemadaman bergilir ini,” pungkasnya.

Editor:SATRIADI TANJUNG
(dat03/wol-mdn)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=83986:masyarakat-frustasi-keluhkan-pemadaman-bergilir-&catid=14:medan&Itemid=27
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts