Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pelayanan Kesehatan Masyarakat Akan Digratiskan

Wednesday, 20 January 2010 07:01

MEDAN - Kepala Pusat Promosi Kesehatan (Puspromkes) Departemen Kesehatan RI, Abidinsyah Siregar, mengatakan, pemerintah akan mengratiskan pelayanan kesehatan masyarakat. Karena, mewujudkan masyarakat yang sehat merupakan kewajiban negara sesuai Undang-Undang Dasar 1945.

”Program Jamkesmas yang akan dilaksanakan pemerintah pada masa mendatang, berbeda dengan program yang telah dijalankan sebelumnya seperti Askes atau Jamsostek. Program ini lebih menjamin dan bersifat nasional bagi seluruh masyarakat terutama yang memiliki ekonomi tidak mampu,” katanya, tadi malam.

Dengan demikian, katanya, masyarakat tidak lagi terkendala masalah dana untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Begitu menderita suatu penyakit, mereka dapat berobat langsung secara gratis karena telah ditanggung oleh negara.

”Program yang akan memberi jaminan berobat gratis bagi masyarakat Indonesia ini, akan dilaksanakan melalui Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN),’’ ujarnya.

Untuk melaksanakan program itu, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar 5 persen dari total APBN, ditambah anggaran Pemerintah Daerah yang akan menyisihkan 10 persen dari APBD di luar gaji.

Selain memberikan pelayanan kesehatan gratis sebagai tindakan kuratif, katanya, Departemen Kesehatan RI akan mengembangkan program promotif dan preventif sebagai upaya menekan tingkat risiko penyakit di kalangan masyarakat.

Program ini memiliki manfaat sangat besar bagi masyarakat dan mengurangi anggaran pelayanan kesehatan di tingkat rumah sakit daerah. Sebab, dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat lewat program promotif dan preventif, maka akan menekan risiko terserang penyakit dan mengurangi biaya berobat ke rumah sakit.

”Mengobati penyakit itu membutuhkan biaya yang sangat besar apalagi kondisinya sudah kronis. Sebaliknya, biaya berobat akan lebih kecil jika setiap penyakit ditangani sedini mungkin,” ujarnya.
(dat03/wsp)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=83032:pelayanan-kesehatan-masyarakat-akan-digratiskan&catid=14:medan&Itemid=27
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts