Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Peresmian Penggunaan KRDI Bakal Molor

Wednesday, 27 January 2010 08:07

MEDAN - Peresmian Kereta Api Rel Diesel Indonesia (KRDI) Medan – Binjai –Medan – Belawan, dan Medan - Tebing Tinggi oleh Menteri Perhubungan, Freddy Numbery, diperkirakan bakal molor.

Seyogianya KA baru untuk mengatasi kemacetat arus lalu lintas di kawasan Medan-Binjai dan Deliserdang (Mebidang) itu akan dilakukan, Rabu (27/1), bakal molor panjang.

“Saya baru siap rapat hingga hari ini belum tau pasti kapan kereta api dinantikan masyarakat Medan dan sekitarnya akan diresmikan Menteri Perhubungan,” kata kepala humas Divre I KA Sumut/Aceh, Suhendro Budi Santoso, pagi ini.

Dikatakan, dua set KRDI atau delapan rangkaian penumpang dan masing-masing rangkaian kapasitas 90 penumpang kelas ekonomi menggunakan minyak solar.

Bahkan Suhendro juga tidak membantah harga tiket untuk angkutan itu sedang dibahas bagian kapala bagian komersil PT KA Divre I Sumut. “Hingga saat ini harga tiket penumpang belum tau,” ujarnya.

Demikian juga tempat-tempat pemberhentian atau halte di kawasan persimpangan jalan KA juga masih dalam pembahasan pembangunannya. “Saat dioperasi nanti haltenya pasti akan di bangun baik pada rute Medan-Tebing Tinggi, Medan-Binjai dan Medan-Belawan PP,” katanya.

Dia juga tidak tau secara pasti kenapa peresmian penggunaan KRDI itu molor dari jadwal, padahal kereta api itu sudah tiba di Medan sejak Desember 2009 dari PT INKA Bandung dan saat ini berada di Depo KA Berayan.

Salah satu solusi menggunakan KRDI di Medan, mencegah macatnya arus lalu lintas dan mengatasi lonjakan angkutan saat Lebaran, tahun baru dan liburan sekolah.

Data dari PT KA Divre I Sumut menyebutkan, pergerakan arus kereta api mencapai lebih kurang 10,5 persen/tahun bahkan hari-hari biasa mengangkut lebih kurang 8000 penumpang dan musim liburan meningkat menjadi antara 10.000 hingga 12.000 lebih penumpang.

Salah satu keunggulan KRDI bisa maju dan mundur disetiap stasiun tanpa harus mengganti lokomotif, karena bagian depan maupun belakang terpasang lokomotif.
(dat03/wsp)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=84991:peresmian-penggunaan-krdi-bakal-molor&catid=14:medan&Itemid=27
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts