Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Tiga Daerah di Jawa Barat Minta Operasi Pasar Beras

Sabtu, 23 Januari 2010 | 01:13 WIB

TEMPO Interaktif, BANDUNG - Baru tiga daerah di Jawa Barat yang minta operasi pasar beras. Tiga daerah itu antara lain Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung Barat. "Kami akan segera mengirimkan surat permintaan ke Menteri Perdagangan agar memerintahkan Bulog menyalurkan beras" kata Ferry Sofwan Arif, Ketua Forum Kordinasi Pengendalian Inflasi Jawa Barat yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Bandung, Jumat (22/1).

Menurut Ferry, operasi pasar baru dilakukan setelah ada permintaan dari daerah. Diantaranya melalui gubernur dan ditujukan ke Menteri Perdagangan. Ia menjanjikana kan segera memangkas birokrasi.

Menteri sendiri, telah mengirim surat edaran yang isinya operasi baru akan dilakukan asal kenaikan harga mencapai 15 persen." Provinsi menargetkan harga beras turun sampai Rp 5.500 per kilogram. Terutama beras kualitas nomor dua: ujarnya.

Di Sukabumi sendiri, harga beras sudah naik 20 persen. Adapun di Bandung Barat, perbedaannya sudah 16 persen. Khusus di Tasikmalaya, kenaikan harga mencapai 13 persen.

Menurut Ferry, kenaikan harga dikarenakan dua hal. Pertama karena kenaikan harga padi oleh pemerintah pada tahun ini. Selain juga karena bergesernya musim panen.

AHMAD FIKRI

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2010/01/23/brk,20100123-220935,id.html
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts