Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Toyota Tidak Akan Menarik Mobil yang Beredar di Indonesia

Jumat, 29 Januari 2010 | 15:21

JAKARTA. Cobaan memang tak pernah terduga datangnya. Lihat saja, saat tengah menikmati posisi puncak di pasar mobil Indonesia, isu panas penarikan kembali (re-call) mobil dari tangan konsumen Toyota di Amerika Serikat (AS) menghantam dengan kencang. Penarikan mobil Toyota akibat masalah serius pada sistem pedal gas yang bisa membahayakan pada saat mengemudi itu bahkan juga terjadi di China dan Eropa. Tak tanggung-tanggung, sekitar 5,35 juta unit Toyota kini mulai ditarik dari pasar.

Penarikan Dalam re-call tersebut, selain beberapa tipe mobil yang beredar di AS seperti Avalon, Matrix, RAV4, dan Highlander, ada pula jenis sedan yang juga bersliweran di Indonesia yaitu Camry serta Corolla. Kedua jenis sedan keluaran Toyota itu termasuk yang paling laris di Indonesia. Bahkan New-Camry tahun 2009 lalu terjual 1.175 unit di Indonesia dan menduduki posisi pertama pasar mobil sedan medium class dan meninggalkan kompetitor terdekatnya yakni Honda Accord yang hanya laku 666 unit. Wajar, jika kini pasar mobil di Indonesia pun mulai was-was.

Tetapi Achmad Rizal Roesindrawan, Manager Marketing Communication PT Toyota Astra Motor (TAM) buru-buru menenangkan pasar. Ia meyakinkan bahwa re-call hanya akan diberlakukan di pasar AS saja. "Semua mobil yang di re-call adalah yang berasal dari pabrik di Amerika, sedangkan mobil yang beredar di Indonesia berasal dari pabrik di Thailand," tegas Achmad kepada KONTAN kemarin (29/1).

Achmad menambahkan bahwa pihaknya juga telah mendapatkan konfirmasi resmi dari pihak Toyota Motor Corp (TMC) bahwa tidak ada masalah dalam peredaran produk Toyota di wilayah Asia dan Oceania. Ia meyakinkan bahwa jenis mobil yang beredar di Amerika maupun Eropa tak berkaitan dengan perakitan mobil untuk wilayah Indonesia dan sekitarnya. "Posisi setir di sana (Amerika dan Eropa) kan 90% di kiri," cetus Achmad.

Nadia Citra Surya

http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/29051/Toyota-Tidak-Akan-Menarik-Mobil-yang-Beredar-di-Indonesia-
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts