Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Mafia Dunia Maya Makin Terorganisir

Kamis, 04/02/2010 08:56 WIB

Ardhi Suryadhi - detikinet

Jakarta - Penyebar virus, spam, cracker dan pelaku kejahatan cyber lainnya sebelumnya mungkin lebih sering bergerak sendiri-sendiri. Namun belakangan, kiprah mafia dunia maya ini makin terorganisir dengan memiliki tugas yang jelas.

Dijelaskan Eugene Kaspersky, CEO perusahaan antivirus Kaspersky Labs, aktivitas kejahatan cyber ini bahkan sudah seperti industri. Dalam sebuah grup mereka memiliki spesialisasi masing-masing, seperti ada orang khusus untuk membuat malware (program jahat) dan ada yang bertugas menyebarkannya.

Bahkan, dikutip detikINET dari Timesliv, Kamis (4/2/2010), ada beberapa grup memiliki situs khusus dan menyediakan dukungan teknis.

"Seperti mafia di zaman modern? Ya. Saya khawatir mereka semakin terorganisir," kata Eugene ketika berbicara di konferensi kemanan internet yang berlangsung di Moskow, Rusia.

Menurut data Kaspersky Labs, di rentang tahun 1992 hingga 2007 ada sekitar 2 juta jenis malware yang terdeteksi. Namun yang mengejutkan, ketika tahun 2008, malware yang tercatat wara-wiri jumlahnya melonjak jauh. Yakni sampai 15 juta malware hanya untuk satu tahun. Sementara pada 2009 berada di kisaran 33,9 juta.

Lonjakan yang sangat tinggi bukan? Tak ayal, perusahaan antivirus asal Rusia ini berani memproyeksikan bahwa 1 dari 150 situs yang beredar itu sudah terinfeksi program jahat.

"Kejahatan internet saat ini sudah semakin canggih dan salah satunya dimulai di Rusia," imbuh Alexander Gostev, Direktur Kaspersky Global Research.
( ash / ash )

http://www.detikinet.com/read/2010/02/04/083537/1292496/323/mafia-dunia-maya-makin-terorganisir
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts