Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pemkot Tasikmalaya Sediakan Subsidi Rp 4 Juta bagi Ibu yang Akan Melahirkan

[ Jum'at, 05 Februari 2010 ]

TASIK - Kaum ibu di Kota Tasikmalaya yang akan melahirkan tidak perlu gundah memikirkan biaya persalinan. Pemkot Tasikmalaya menyediakan subsidi Rp 4 juta bagi ibu yang akan melahirkan. Hanya, subsidi yang dianggarkan lewat dinas kesehatan (dinkes) itu diberikan kepada ibu yang menjalani persalinan dengan risiko tinggi.

Kepala Dinkes Kota Tasikmalaya drg H Ahmad Harris menjelaskan, subsidi tersebut tidak hanya diberikan untuk persalinan di rumah sakit pemerintah. Namun juga berlaku bagi persalinan berisiko tinggi yang dilakukan di rumah sakit swasta. "Kalau biaya persalinannya sampai Rp 7 juta, misalnya, yang bersangkutan cukup membayar Rp 3 juta," terang Harris.

Selain subsidi Rp 4 juta untuk ibu melahirkan, dinkes memberikan kemudahan lain. Warga Tasikmalaya yang berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, bisa jadi tidak dipungut biaya. "Klaim penagihan dari RSHS untuk pasien kurang mampu dari Tasikmalaya dikirim ke dinkes. Dinkes Tasikmalaya yang akan membayarnya," tegas Harris.

Sumber dananya, menurut dia, adalah APBD Jabar. Untuk warga Tasikmalaya yang berobat ke RSHS, dialokasikan Rp 2,5 miliar.

Kebijakan tersebut, ujar Harris, merupakan kebijakan Pemprov Jabar melalui Pemkot Tasikmalaya. Sebelumnya, dana itu baru disimpan di dua daerah di Bandung dan baru 2010 ini dialokasikan juga untuk Tasikmalaya. (tin/jpnn/ruk)

http://www.jawapos.com/
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts