Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

RSU Pirngadi Hentikan Aktivitas Ruang Operasi

Thursday, 11 February 2010 01:17

MEDAN - Karena khawatir terhadap gangguan arus listrik, pihak Rumah Sakit Umum Dr Pirngadi Medan terpaksa menghentikan seluruh aktivitas ruang operasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti padamnya listrik saat berlangsung tindakan operasi terhadap pasien.

”Seluruh aktivitas operasi besar dan terjadwal di lantai IV ditiadakan sejak kemarin. Bagi pasien yang hendak menjalani operasi besar tersebut, terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain,” kata kepala sub bagian Hukum dan Humas RSPM, Edison Peranginangin, tadi malam.

Menurut Edison, keputusan penghentian aktivitas ruang operasi tersebut dilakukan pihak manajemen untuk mencegah terjadinya kasus-kasus fatal pada pasien yang sedang menjalani operasi. Bahkan, penghentian aktivitas ruang operasi tersebut sampai jangka waktu yang belum bisa ditentukan.

”Memang mesin genset otomatis sudah berfungsi. Namun, pihak manajemen khawatir pemadaman listrik yang tidak terjadwal dan mendadak, berisiko terhadap kerusakan genset dan peralatan medis sehingga menganggu operasional RSPM,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Edison, pihak manajemen RSPM tetap mengoperasikan Kamar Bedah Emergency yang terletak di Instalasi Gawat Darurat.

”KBE harus tetap diaktifkan untuk mengantisipasi adanya kasus pasien gawat darurat yang membutuhkan tindakan operasi. Namun, tindakan operasi yang bisa dilakukan di KBE terbatas pada kasus-kasus kecil,” ujar Edison tanpa menjelaskan lebih rinci jenis tindakan operasi yang bisa dilakukan di KBE tersebut.

Mengenai jumlah pasien yang membutuhkan operasi besar dan terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain, Edison tidak mengetahui jumlahnya secara pasti. ”Namun secara kumulatif, rata-rata ada 14 pasien yang menjalani operasi di RSPM setiap hari,” tambahnya.

Editor: AMIR SYARIF SIREGAR
(dat04/wsp)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=89034:rsu-pirngadi-hentikan-aktivitas-ruang-operasi&catid=77:fokusutama&Itemid=131
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts