Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

40% perokok aktif alami gejala adiktif

Labels: ,
Thursday, 03 June 2010 11:31

JAKARTA - Guru Besar Farmakologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Amir Syarief, mengatakan sebanyak 40 persen dari perokok akan mengalami gejala adiktif atau tingkat kecanduan yang berbahaya.

"30 - 40 persen orang yang merokok akan jatuh dalam keadaan adiksi," katanya, tadi pagi.

Menurut Amir, jumlah itu jauh lebih besar dibanding tingkat resiko adiksi bagi peminum alkohol yaitu sekitar 15 persen. Tingkat "intoksikasi" (keracunan) zat nikotin yang terdapat dalam rokok bernilai dua (rendah), sedangkan tingkat "intoksikasi" alkohol adalah enam (tinggi).

Namun, lanjutnya, nikotin memiliki tingkat ketergantungan bernilai enam yang berarti tinggi. Amir mengemukakan, orang yang merokok akan mengakibatkan terdapatnya kadar nikotin dalam darah.

Selain itu, menurutnya, merokok juga bisa berpotensi mengakibatkan terjadinya abortus pada perempuan hamil dan penurunan produksi air susu ibu (ASI) bagi ibu-ibu menyusui.

Amir menerangkan, kadar hanya sebesar 1 - 2 miligram nikotin sudah bisa menimbulkan efek euforia yang dapat mengakibatkan kecanduan.

Amir mengingatkan di dalam rokok terdapat sekitar 60 karsinogen (penyebab penyakit kanker).

Sementara ketua Badan Khusus Pengendalian Tembakau Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Widyastuti Soerojo, mengemukakan UU Kesehatan yang diujimaterikan di MK sama sekali tidak mematikan hak atas penghidupan para petani tembakau.

"UU Kesehatan tidak mematikan hak atas hidup dan penghidupan para petani tembakau. Karenanya UU Kesehatan tidak bertentangan dengan UUD 1945," katanya.

Sebelumnya, ketua DPRD Temanggung, Bambang Soekarno, mengajukan permohonan uji materi untuk membatalkan Pasal 113 UU No 36/2009 tentang Kesehatan karena dinilai diskriminatif karena hanya mencantumkan tembakau sebagai satu-satunya contoh tanaman yang mengandung zat adiktif.

Selain itu, menurut Bambang, "ayat tembakau" dalam UU Kesehatan juga akan mengakibatkan kerugian bagi para petani tembakau dan cengkeh di Indonesia.

Editor: SATRIADI TANJUNG
(dat01/ann)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=119637:40-perokok-aktif-alami-gejala-adiktif&catid=77:fokusutama&Itemid=131
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts