Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Malas Gosok Gigi Bahayakan Jantung

29 Mei 2010 10:27 WIB

Penulis : Ikarowina Tarigan

MENJAGA kesehatan jantung hanya dengan olahraga dan diet sehat. Anda bisa memaksimalkan kesehatan jantung dengan menggosok gigi dua kali sehari. Peneliti menemukan, orang-orang yang gagal menjaga kebersihan gigi berisiko lebih besar mengalami gangguan jantung.

Sebelumnya sudah diketahui bahwa penyakit gusi membuat Anda lebih berisiko menderita penyakit jantung. Akan tetapi, ini merupakan studi pertama yang menghubungkan penyakit jantung dengan kebiasaan menggosok gigi.

Peneliti menemukan, mereka yang tidak pernah atau jarang menggosok gigi berisiko 70 persen lebih besar mengalami penyakit jantung dibandingkan mereka yang menggosok gigi dua kali sehari.

Sebelumnya, peneliti telah menemukan bahwa tingkat kebersihan mulut yang rendah dan gusi berdarah memungkinkan 700 tipe bakteri masuk ke dalam pembuluh darah, meningkatkan risiko serangan jantung. Hal ini terlepas dari seberapa sehat orang tersebut.

Bakteri yang masuk ke dalam pembuluh darah bisa mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, membuat dinding pembuluh darah meradang dan menyempit. Selain itu, bakteri juga bisa menempel pada tumpukan lemak yang sudah ada di dinding arteri, sehingga menambah penyempitan.

Dalam studi terbaru ini, peneliti dari University College London menganalisis data lebih dari 11.000 partisipan yang rata-rata berusia 50. Semua partisipan ikut ambil bagian dalam Scottish Health Survey.

Para partisipan dimintai keterangan mengenai seberapa sering mereka mengunjungi dokter gigi dan seberapa sering mereka menggosok gigi. Selain itu, peneliti juga meminta rekam data medis mereka.

Hasil menunjukkan, hanya enam dari 10 orang (62 persen) yang mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali. Selain itu, hanya 71 persen partisipan yang mengaku menggosok gigi dua kali sehari.

Setelah mengikuti perkembangan pasien selama delapan tahun, menurut studi yang dilaporkan di British Medical Journal ini, ditemukan 555 kasus gangguan jantung serius. Dari jumlah ini, 170 di antaranya fatal.

Peneliti menemukan, mereka yang tidak pernah atau jarang menggosok gigi berisiko 70 persen lebih besar menderita penyakit jantung dibandingkan partisipan yang menggosok gigi dua kali sehari. Hal ini tetap berlaku setelah peneliti memperhitungkan faktor risiko penyakit jantung lainnya, seperti obesitas dan kebiasaan merokok.

"Temuan kami mengkonfirmasi dan lebih menguatkan adanya hubungan antara kebersihan mulut dengan risiko penyakit kardiovaskular," tutur peneliti Profesor Richard Watt, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Jumat (28/5). Akan tetapi, Watt, menekankan perlunya studi lanjutan untuk memastikan hubungan tersebut. (IK/OL-08)

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/05/29/2636/2/Malas-Gosok-Gigi-Bahayakan-Jantung
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts