Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kabut asap mulai tebal tapi belum berdampak bagi kesehatan

Rengat (ANTARA News) - Dinas Kesehatan kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau menilai kabut asap yang menyelimuti sejumlah daerah di Inhu masih dalam keadaan normal belum masuk membahayakan kesehatan. "Kami melihat kabut asap sudah mulai tebal, namun belum berdampak besar terhadap kesehatan warga, namun demikian tetap hati-hati," kata kepala Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu H Suhardi, di Rengat, Rabu. Ia mengatakan, kehatian-hatian adalah langkah terbaik dalam menghadapi kabut asap yang semakin hari semakin tebal menyelimuti sejumlah daerah di Inhu, seperti yang terlihat di Kecamatan Rengat dan Rengat barat jarak pandang masih berkisar 200 meter. Kabut asap yang tebal sebenarnya bukan saja akan mengganggu pernapasan tetapi juga mengganggu pengendara sepeda motor, jika tidak hati-hati dapat terjadi lakalantas bahkan kemacetan berlalu lintas. "Kami berharap anak sekolah untuk tetap waspada, agar kesehatannya tidak terganggu," sebutnya. Dijelaskan Suhardi, untuk mengantisipasi dampak kabur asap tersebut, pihaknya telah melayangkan surat edaran agar setiap Puskesmas dan Pustu yang ada, harus siaga dalam melayani masyarakat. Begitu juga dengan stok obat-obatan juga masih cukup. Selain itu sebut Suhardi, walau puskesmas di Inhu membuka pelayanan selama 24 jam, dalam surat edaran tersebut pihaknya kembali menegaskan agar puskesmas tetap buka pelayanan 24 jam, jika persediaan obat ada yang kurang, silahkan berkoordinasi dengan Diskes. "Kami menghimbau agar masyarakat bisa mengurangi aktifitas di luar rumah, terutama balita dan lansia, kalupun keluar hendaknya menggunakan penutup hidung dan mulut," pintanya. Terkait pembagian masker pada masyarakat, Suhardi menyebutkan, pihaknya masih akan memantau perkembangan asap selama dua hari kedepan, jika asap semakin menebal dan dipandang akan membahayakan kesehatan maka masker akan dibagikan pada masyarakat melalui masing-masing puskesmas disetiap kecamatan. (*)
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts