Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pemadaman Listrik di Palu Makin Menjadi-jadi

Sunday, 13 July 2008

PALU, SULTENG.COM - Pemadaman listrik yang dilakukan oleh pihak PLN cabang Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, terkesan semakin melewati batas toleransi. Betapa tidak, jika sebelumnya pemadaman yang terjadi hanya berlangsung setengah hari (kurang lebih enam jam), maka pada Sabtu, (12/07/2008), PLN melakukan pemadaman selama satu hari penuh, terhitung semenjak pagi hingga sore hari.

Akibatnya, waktu pemadaman yang cukup lama tersebut, membuat sebagian besar warga di kota Palu mulai mengeluh. Beberapa warga yang umumnya mempunyai usaha yang bergantung pada energi listrik, cukup menyayangkan manajemen yang ada di PLN dan PLTU, yang dinilai tidak dapat menetapkan jadwal datangnya batu bara yang dipesan, sebagai kendala utama dalam krisis listrik di kota Palu.
"Jika memang pemadaman terjadi karena batu bara yang habis, kenapa sebelum batubara habis pihak PLN tidak berkoordinasi dengan PLTU untuk memesannya lebih cepat. jika jadwal pemesanan dapat diatur oleh PLTU, tentu pemadaman tidak akan terjadi," ujar Lian, (23) pemilik jasa warung internet, yang mengaku tidak dapat menjalankan usahanya bila listrik terus padam.
Pantauan kantor berita Sulteng.com, sebagian besar kota Palu khususnya pada hari Sabtu, (12/07/08), mengalami pemadaman yang cukup lama. Akibatnya, beberapa aktifitas seperti lalulintas, sempat tidak teratur karena beberapa titik lampu merah ikut padam. beberapa usaha yang mengandalkan energi listrik seperti usaha fotocopi misalnya, terlihat sepi dari para pelanggan.
"Ini sudah sangat keterlaluan, kita mau makan apa jika usaha tidak berjalan. PLN seharusnya memiliki trik khusus dalam mengatasi masalah kelistrikan. jika memang PLTU bermasalah, PLN sebagai pihak penanggung jawab dalam masalah kelistrikan harus berupaya setidaknya meminta PLN pusat untuk menambah daya bagi kebutuhan listrik di Palu dan sekitarnya," tutur Pujiono (40), pemiliki usaha fotocopy, yang mengatakan, cuaca buruk yang sering menghambat pengiriman batubara bukanlah alasan yang logis, karena sudah merupakan alasan yang sering dilontarkan PLTU dan PLN.
Sebelumnya, Manajer PT PLN Cabang Palu, Yustono, mengatakan, bahwa pemadaman yang terjadi akibat menipisnya stok batubara di PLTU Mpanau, ditambah lagi dengan mesin PLTD Silae yang saat ini sedang mengalami perawatan. (fit)

http://www.sulteng.com/index.php?option=com_content&task=view&id=975&Itemid=26
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts