Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pembayaran Layanan Publik Polri Langsung ke Bank

Senin, 29 Juni 2009 pukul 19:37:00

JAKARTA -- Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri mengatakan, semua pembayaran terkait dengan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Polri akan langsung melalui jasa bank. "Dengan begitu, maka tidak akan ada lagi anggota Polri yang menerima uang dari masyarakat karena semua langsung masuk ke bank," kata Kapolri di Jakarta, Senin.

"Layanan lewat bank ini akan diberlakukan mulai 1 Juli 2009 bersamaan dengan peringatan HUT Bhayangkara," kata Bambang Hendarso. Untuk mewujudkan itu, Polri telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak antara lain BRI, PT Jasa Raharja, agen tunggal pemegang merk, Bea Cukai dan kalangan industri otomotif.

Pembayaran lewat bank itu diberlakukan untuk seluruh layanan administrasi kendaraan dan yang terkait dengan kendaran misalnya kecelakaan lalu lintas. "Saat ini, kami sudah melatih 1.000 polisi untuk memberikan pelayanan itu," katanya menegaskan.

Dengan pembayaran lewat bank itu, maka Kapolri berharap agar tidak akan ada lagi pungutan tambahan yang dibebankan kepada masyarakat oleh oknum petugas. Ia mengakui, adanya biaya tambahan itu terjadi karena ada interaksi langsung antara masyarakat dengan petugas sehingga jika pembayaran melalui bank maka tidak akan ada lagi interaksi antara masyarakat dengan petugas.

Pembayaran lewat bank ini pernah diuji coba di jajaran Polda Metro Jaya namun hingga kini belum maksimal karena masih ada saja pembayaran yang diterima oleh petugas. ant/ism

http://www.republika.co.id/berita/59239/Pembayaran_Layanan_Publik_Polri_Langsung_ke_Bank
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts