Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Ekonomi Hijau Didasarkan Pada Lima Prioritas

Kamis, 30/07/2009 14:44 WIB

oleh : Stefanus Arief Setiaji

SOLO (bisnis.com): Kementerian Negara Lingkungan Hidup menetapkan lima skala prioritas dalam mewujudkan ekonomi hijau sebagai upaya mengurangi kerusakan lingkungan.

Meneg Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar mengungkapkan kelima sektor tersebut mencakup, pertama pengembangan energi bersih di setiap bidang industri, khususnya dengan kadar polusi tinggi. Kedua, pengembangan energi di tingkat pedesaan, lalu pembangunan pertanian berkelanjutan dan pengurangan emisi dari deforestrasi degradasi hutan.

"Kelima bagaimana kita dapat menciptakan pembangunan kota yang berkelanjutan," ujarnya saat menyampaikan materi dalam Seminar Nasional Pembiayaan Perbankan bagi Investasi Lingkungan di Solo hari ini.

Menurut dia, arah pembangunan ekonomi hijau bertumpu pada tiga pilar utama dengan memperhatikan daya dukung lingkungan, daya dukung sosial serta struktur ekonomi.

Dia menuturkan tantangan terbesar penyediaan energi di Indonesia adalah penelitian dan pengembangan energi terbarukan yang dapat mencapai nilai keekonomiannya. Selain itu, lanjut dia kombinasi kebijakan konservasi, diversifikasi dan efisiensi energi perlu dilengkapi dengan kebijakan fiskal dan finasial.

"Serta pengembangan skema pendanaan baik dari dana dalam negeri maupun luar negeri melalui perdagangan karbon internasional," tambahnya. (tw)

http://web.bisnis.com/umum/sosial/1id130348.html
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts