Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Ratusan BTS di Bali Bisa Dirubuhkan

31/07/2009 - 09:25

INILAH.COM, Sanur- Bali berdasarkan kajian cukup memiliki 300 menara selular bersama. Sekitar 300 menara lain yang terlanjur dibangun di berbagai wilayah di pulau itu bisa dirubuhkan.

"Hanya saja kini kendalanya bagaimana tata cara membongkar sebagian dari sekitar 600 menara milik berbagai operator tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Bali, Ida Bagus Parsa di Sanur.

Ia mengungkapkan hal itu seusai membacakan sambutan Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada pembukaan acara sosialisasi perundang-undangan di bidang komunikasi dan informatika yang diselenggarakan Depkominfo.

Menurut Parsa, kajian yang melibatkan Universitas Udayana itu, dilakukan sejak tahun 2005, saat di Bali baru ada enam operator selular.

"Saat itu didasari fakta bahwa luas wilayah kita sangat kecil. Kita tidak ingin Bali yang sudah dikenal sebagai pulau seribu pura, mendapat tambahan predikat seribu menara, mengingat pembangunan menara telah melebihi kebutuhan ideal," ujarnya.

Dalam perkembagan berikutnya, ternyata bukan pembangunan menara saja yang terus bertambah hingga kini mencapai sekitar 600 unit, tetapi operator selularnya juga melonjak menjadi sepuluh perusahaan.

Seperti di Kabupaten Karangasem, wilayah termiskin di ujung timur Bali, dari kebutuhan 50 menara, juga sudah terlanjur beroperasi 69 unit menara.

Parsa menjelaskan, bahwa berdasarkan peraturan yang ada, termasuk peraturan gubernur Bali, apabila perwujudan menara bersama dapat disepakati, maka pembongkaran menara kelebihannya dapat dilakukan secara bertahap.

"Saya lihat di beberapa daerah, seperti di Klungkung, dalam satu lokasi terdapat sampai empat menara. Kalau antar operator sudah mencapai kesepakatan, maka yang tiga bisa dirubuhkan," katanya.

Menurut Parsa, untuk merubuhkan menara selular, sesuai ketentuan bisa diberikan kesempatan selama dua tahun sejak 2008, guna melakukan kesepakatan antar operator maupun dengan pihak pemerintah.

Gubernur Bali berharap antar operator selular segera mencapai kesepakatan untuk menggunakan menara bersama dalam setiap lokasi, dan tidak ada penambahan pembangunan menara baru.

Dalam kaitan tersebut, semua pihak diharapkan bisa menempatkan diri sesuai proporsi masing-masing, tidak saling bersikeras melebihi kewenangan yang ada, sehingga tahun 2010 diharapkan dapat terwujud menara bersama.

Sekretaris Jenderal Depkominfo yang diwakili Kepala Biro Keuangan, Adijono, mengharapkan operator selular mendukung keinginan mewujudkan menara bersama, apalagi hal itu juga akan bisa meningkatkan efisiensi perusahaan.[*/ito]

http://www.inilah.com/berita/teknologi/2009/07/31/135647/ratusan-bts-di-bali-bisa-dirubuhkan/
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts