Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

585 Penderita Tewas Selama Tahun 2009

Labels:
Agustus 5, 2009 - 14:29

KUNINGAN (Pos Kota)- Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi salah satu jenis penyakit yang belum bisa diatasi di Indonesia. Menurut perkiraan badan kesehatan dunia (WHO) setiap 20 menit sekali, seorang meninggal akibat penyakit yang ditularkan nyamuk aedes aegypti ini. Catatan tahun 2009 hingga bulan Juni lalu, tercatat 77.489 kasus, dimana 585 orang diantaranya tewas.

“Angka kejadian dan tingkat kematiannya sangat tinggi, namun perhatian masyarakat terhadap DBD tidak seheboh flu babi,’ ujar Dirjen Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL) Depkes Tjandra Yoga Aditama di sela peluncuran program Peluk Asa kerjasama dengan Telkomsel, Rabu (4/8).

Berbagai upaya dan program diakui Tjandra sudah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menekan kasus DBD. Namun hingga kini belum membuahkan hasil optimal kecuali angka kematian yang bisa ditekan lebih kecil.

Itu sebabnya, Tjandra mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit DBD dengan tetap melakukan gerakan 3M yakni mengubur, menutup dan menguras sumber air bersih.

Senada dengan Tjandra, psikolog Tika Bisono mengatakan bahwa mengubah perilaku masyarakat menjadi perilaku yang sehat bukan masalah gampang. ‘Barangkali kita perlu menerjunkan psikolog ke tengah masyarakat agar mereka menyadari bahaya DBD,’ ujarnya.

Gejala penyakit DBD yang hampir sama dengan penyakit demam biasa seringkali menjadi penyebab pasien datang terlambat. Itu sebabnya angka kematian DBD tergolong sangat tinggi sekitar 0,75%.

Dalam program Peluk Asa yang akan diberlakukan di 14 titik wilayah rawan DBD, Telkomsel sendiri menyediakan dana sebesar Rp 5,5 miliar. Untuk tahap awal, program akan berlaku selama setahun ke depan dan berakhir Juli 2010. Materi program antara lain kampanye melalui iklan layanan masyarakat, video pendidikan, internet, website, brosur, poster, spanduk dan sebagainya. (inung/B)

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/08/05/585-penderita-tewas-selama-tahun-2009
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts