Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Awas, Pencinta Game Bermain untuk Hidup

03/08/2009 23:01 | Video Game

Liputan6.com, Washington DC: Hati-hati bagi mereka para pencinta game. Para penggemar game bisa menjadi kecanduan permainan elektronik itu dan kemudian mulai hidup untuk bermain. Memang cukup mengerikan. Namun pernyataan itu dikeluarkan sejumlah pakar kesehatan yang khawatir dengan perilaku gamers.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan belum lama ini di Jurnal Psychological Science, menemukan sedikitnya satu dari 10 orang yang bermain video game berperilaku sama dengan orang yang menderita addictive disorder atau lazim disebut kecanduan. Seperti yang terjadi pada orang yang ketagihan berjudi.

Untuk memperturutkan kebiasaannya, para pecandu game tak segan-segan berbohong bahkan mencuri uang orangtua. "Para pecandu game hampir selalu menderita depresi dan beberapa kelainan sosial," ujar Jerald Block, psikiater dari Universitas Kesehatan dan Ilmu Oregon (OHSU), Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Data seputar kebiasaan nge-game secara berlebihan ini cukup mengerikan. Sejumlah laporan menyebutkan adanya kematian yang terkait dengan kebiasaan ini. Tahun 2005 seorang warga Korea Selatan tewas karena kelelahan setelah bermain game selama 50 jam tanpa henti di sebuah warung internet.

Pemerintah Korea Selatan juga merilis data sekitar 2,4 persen penduduk Korea yang berumur antara sembilan hingga 39 tahun kecanduan game. Data ini bertambah buruk jika disandingkan dengan data yang menunjukkan umur tidak bisa mengubah kebiasaan bermain game. Justru semakin tua pencinta game, ia tetap bermain dan menularkan kebiasaan pada anaknya.(ANS/LiveSience)

http://gayahidup.liputan6.com/berita/200908/239300/Awas.Pencinta.Game.Bermain.untuk.Hidup
1 comments:

Salam kenal dari seorang pecinta game, Pak Irfan Lubis...


Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts