Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Bahaya di Balik Segarnya Es

Labels: , ,
05/08/2009 12:58

Liputan6.com, Jakarta: Musim panas memang paling nikmat minum es. Banyak pilihan es dijual para pedagang, mulai dari es teler, es kelapa muda, atau es campur. Campuran buah-buahan ditambah es tentu sangat menggoyang lidah. Tapi tunggu dulu, buahnya memang sehat, tapi bagaimana dengan es yang digunakan?

Jika ditelusuri, tak jarang es balok yang digunakan pedagang ternyata dibuat dari air mentah yang tentu berbahaya bagi kesehatan. Hal yang sama dilakukan dengan es batu rumahan. Pedagang "nakal" mengambil air mentah dari keran dan langsung memasukkannya ke dalam kulkas.

Untuk membuktikan layak atau tidaknya es ini dikonsumsi, tim Liputan Sigi SCTV pun membawanya untuk diuji di laboratorium Institut Pertanian Bogor. Seperti sudah diduga, es balok produksi pabrik terbukti tidak memenuhi standar baku mutu dan tak layak konsumsi karena mengandung bakteri Escherichia coli (E. coli) yang bisa membahayakan sistem pencernaan tubuh manusia.

Jadi jika dahaga datang, jangan terburu napsu minum air es. Salah-salah meski dahaga hilang, penyakit lain justru datang. Berita selengkapnya dapat disimak dalam video berikut.(TES/LUC)

http://kesehatan.liputan6.com/berita/200908/239474/Bahaya.di.Balik.Segarnya.Es
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts