Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Belasan Ribu Rumah di Madiun Tak Layak Huni

Rabu, 5 Agustus 2009 | 19:24 WIB

MADIUN | SURYA Online - Belasan ribu unit rumah yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), dinilai tidak layak huni. Bupati Madiun, H Muhtarom, mengungkapkan hal tersebut saat menyerahkan bantuan biaya pemugaran rumah tidak layak huni kepada sejumlah warga di Kecamatan Wungu dan Wonoasri sebesar Rp 40,5 juta, Rabu (5/8).

“Bantuan hanya dapat digunakan untuk membeli beberapa bahan material saja, seperti semen, pasir, batu merah. Sedangkan pengerjaannya diharapkan berasal dari tetangga sekitar dengan cara kerja bakti lingkungan,” kata Muhtarom menjelaskan, Rabu.

Ia juga mengatakan, sesuai data terakhir dari dinas terkait, jumlah rumah tidak layak huni, dengan dinding masih dari bambu dan lantai tanah ada 15 ribu unit lebih. Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), memberikan bantuan untuk pemugaran rumah tidak layak huni tersebut.

“Di Kabupaten Madiun masih cukup banyak rumah yang tidak layak huni. Banyaknya rumah yang harus direhab tersebut, kami berharap kepada Pemerintah Provinsi Jatim untuk dapat membantu,” kata Muhtarom.

Menurut Muhtarom, untuk tahun 2009 ini, Pemkab Madiun hanya mengalokasikan bantuan anggaran pemugaran rumah sebanyak 120 unit, melalui pos Dinas Sosial dan Dinas PU Bina Marga Cipta Karya. Setiap warga yang rumahnya tidak layak huni mendapat bantaun renovasi sebesar Rp 4,5 juta.

“Diharapkan bantuan renovasi tersebut untuk tahun-tahun berikutnya bertambah, sehingga jumlah rumah tidak layak huni bisa berkurang. Bantuan rumah sederhana ini diharapkan akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Madiun,” kata Muhtarom. ant

http://www.surya.co.id/2009/08/05/belasan-ribu-rumah-di-madiun-tak-layak-huni.html
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts