Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pajak BBM Daerah Bisa Picu Pasar Gelap

Rabu, 05/08/2009 17:50 WIB

Nurseffi Dwi Wahyuni - detikFinance

Jakarta - Rencana pemberian kewenangan pada pemda untuk menarik pajak BBM dikhawatirkan akan memicu pasar gelap BBM antar daerah. Harga BBM yang berbeda-beda di setiap daerah bisa memicu rembesan BBM dari daerah yang BBM-nya murah ke daerah yang BBM-nya mahal.

"Selain menyebabkan harga BBM akan menjadi lebih tinggi. Kebijakan tersebut juga bisa menyebabkan harga BBM di tiap daerah bisa beda-beda," ujar Direktur Eksekutif Refor-Miner Institute, Pri Agung Rakhmanto dalam pesan singkatnya kepada detikFinance, Rabu (5/8/2009).

Selain itu, tujuan diterapkannya pajak daerah untuk mengurangi konsumsi BBM pun dikhawatirkan tidak tercapai. Hal ini karena tiap daerah berpeluang menurunkan pajak BBM-nya serendah mungkin agar lebih kompetitif dibandingkan daerah lain.

"Sehingga tujuan mengurangi pemakaian BBM bisa jadi tidak tercapai," ungkapnya.

Sebaliknya, Pri Agung memperkirakan aturan ini justru akan menambah biaya dalam pengurusan birokrasi.

"Apalagi kalau pada saat diterapkan nanti harga BBM masih disubsidi, maka akan ada tambahan inefisiensi birokrasi karena menerapkan subsidi dan pajak pada satu produk pada saat yang bersamaan," paparnya.

Sementara itu, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengaku belum mengetahui soal adanya rencana tersebut.

"Saya belum dapat laporan. Saya harus lihat dulu tujuan apa?" kata Purnomo kepada detikFinance, usai menghadiri Peresmian Pengoperasian Kapal Riset Geomarin III, di Cirebon, Jawa Barat.

Namun Purnomo menegaskan, pihaknya akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan BBM. "Kalau untuk kurangi penggunaan BBM saya setuju, cara bagaimana? Itu nanti kita lihat," ungkapnya.

(epi/lih)

http://www.detikfinance.com/read/2009/08/05/175047/1178106/4/pajak-bbm-daerah-bisa-picu-pasar-gelap
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts