Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Masker dan Membasuh Tangan Cegah Flu di Rumah

Labels:
Selasa, 4 Agustus 2009 20:10 WIB

Hong Kong (ANTARA News/Reuters) - Satu penelitian di Hong Kong menemukan bahwa rutin membasuh tangan dan memakai masker dapat mengurangi resiko penularan virus influenza antara sesama anggota keluarga bila dilaksanakan dengan benar.

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal medis Annals of Internal Medicine tersebut, dipandang penting untuk situasi pandemi, bila sejumlah pasien harus dikarantina di rumah ketika pihak rumah sakit kekurangan fasilitas ruang isolasi.

"Selama periode pandemi, sumber daya yang ada mungkin tidak mencukupi untuk menampung semua pasien yang terinfeksi flu, dan metode karantina di rumah akan diperlukan," tulis para peneliti tersebut.

"Hasil penelitian kami menemukan bahwa tangan higienis dan pemakaian masker dapat mengurangi penularan virus bila dilaksanakan sesegera mungkin setelah gejala penyakit tersebut mulai terlihat pada pasien yang pertama sekali terinfeksi virus tersebut."

Dipimpin oleh ahli kesehatan publik, Ben Cowling dari Universitas Hong Kong, para peneliti tersebut meneliti sejumlah pasien yang positif mengidap baik influenza A atau B.

Bersama anggota keluarga pasien, jarang dari mereka yang sebelumnya masuk dalam salah satu tiga kelompok berikut; kelompok yang memiliki pendidikan kesehatan, kelompok yang teratur membasuh tangan, dan kelompok yang rutin mencuci tangan dan memakai masker.

Dari 259 rumah tangga yang terlibat dalam studi tersebut, 60 rumah tangga didapati terinfeksi virus dalam periode tujuh hari setelah ukuran-ukuran tersebut diperkenalkan. Namun, terdapat penuluran yang lebih sedikit dalam rumah tangga bilamana dua saran tersebut telah dibiasakan dengan benar.

"Tangan yang higienis dan masker kelihatannya dapat mencegah penyebaran penyakit tersebut di dalam rumah tangga ketika diterapkan dalam 36 jam dari para pasien yang mengalami gejala-gejala awal penyakit tersebut," tulis para peneliti tersebut.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa penanganan tanpa bantuan farmasi penting untuk mengurangi pandemi dan interpandemi influenza."(*)

http://www.antaranews.com/berita/1249391442/masker-dan-membasuh-tangan-cegah-flu-di-rumah
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts