Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Bobot Lahir dan Penyakit Ginjal

Labels: ,
Rabu, 05 Agustus 2009 00:01 WIB

BAYI yang lahir dengan bobot rendah berpotensi lebih besar terserang penyakit ginjal saat dewasa. "Studi-studi eksperimental menunjukkan pertumbuhan janin yang terbatas di dalam rahim bisa berlawanan dengan perkembangan normal ginjal sehingga menghasilkan unit-unit penyaring yang lebih kecil," kata pemimpin penelitian Sarah L White dari Universitas Sydney, Australia.

Tim White menemukan hubungan signifikan antara bobot lahir yang ringan dan penanda utama penyakit ginjal kronis yakni protein dalam urine serta fungsi ginjal yang buruk.

Menurut studi itu, mereka yang lahir kurang dari 5,5 pon berpeluang 70% lebih tinggi mengidap penyakit ginjal kronis ketimbang mereka yang lahir dengan berat normal.

"Orang yang lahir dengan ukuran sangat kecil sebaiknya menghindari obesitas yang bisa memicu diabetes, menjauhi obat-obatan yang bisa meracuni ginjal, dan mengunjungi dokter untuk pengukuran tekanan darah, tes protein dalam urine, serta tes kreatin serum dalam darah," saran White. (*/HealthDay News/X-6)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/88760/78/22/Bobot-Lahir-dan-Penyakit-Ginjal
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts