Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

El Nino Picu Permintaan Produk Alat Pendingin

Rabu, 5 Agustus 2009 05:08 WIB

Surabaya (ANTARA News) - Peningkatan suhu muka laut (El Nino) di sekitar Samudera Pasifik, sebagaimana yang diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bakal memicu permintaan produk elektronik, seperti "air conditioner" (AC).

"Untuk mengantisipasi El Nino, kini sebagian besar masyarakat mulai membeli perangkat pendingin, baik yang berupa kulkas maupun penyejuk ruangan (AC)," kata "Branch Manager" PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) Surabaya, Iwan Sutanto, di Surabaya, Selasa.

Di sisi lain, jelas dia, permintaan konsumen yang meningkat ini hampir bersamaan dengan datangnya Idulfitri yang merupakan puncak penjualan produk elektronik.

"Hal itu adalah siklus, semua perangkat elektronik mengalami kenaikan penjualan antara 10 persen dan 20 persen. Dari jumlah itu, lemari es biasanya mendominasi kontribusi penjualan hingga 70 persen," katanya.

Untuk itu, produsen elektronik asal Korea itu akan menjagokan produk yang lebih sehat dan ramah lingkungan.

Ia optimistis pertumbuhan penjualan bakal meningkat hingga 50 persen, khususnya untuk produk lemari es pada sesi puasa dan Idulfitri tahun ini.

"Kenaikan ini, sudah terlihat sejak Februari lalu. Di Jatim, pencatatan penjualan lemari es antara Januari dan Juli tahun ini menunjukkan peningkatan 74 persen, dari periode sama tahun lalu," katanya.

Akan tetapi, terang dia, peningkatan cukup signifikan ini tidak hanya karena persoalan musim. Namun, disebabkan munculnya produk-produk terbaru yang lebih sehat dan ramah lingkungan, seperti lemari es yang mampu memproduksi vitamin C.

"Selain itu, juga dipicu kemampuan AC kami yang mampu membunuh virus flu burung," katanya.

Ia menyatakan, dalam tiga tahun terakhir ini kesadaran masyarakat tentang produk ramah lingkungan mulai meningkat.

"Untuk itu, kami langsung memunculkan produk ramah lingkungan dan ternyata diterima pasar dengan baik," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, pangsa pasar untuk semua produk di Jatim pada bulan Juli lalu mencapai 28 persen.

"Atas dasar itulah kami yakin menjelang Ramadan hingga akhir tahun ini, dapat mencapai target 30 persen," katanya.

Produk Marketing Refrigerator LGEIN, Michael Adisuhanto, menambahkan, pihaknya menyiapkan produk baru untuk menghadapi Lebaran. Dijadwalkan, peluncuran produk baru itu pertengahan tahun ini, seiring dengan "Health Plus Campaign" yang dilakukan Mei lalu.

"Beberapa produk akan diluncurkan pada bulan Agustus untuk menghadapi Idulfitri. Ini kami lakukan agar masyarakat juga tidak terlalu mepet saat memenuhi kebutuhan produk elektroniknya," katanya. (*)

http://www.antaranews.com/berita/1249423724/el-nino-picu-permintaan-produk-alat-pendingin
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts