Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Jadwal Pelayaran Ditunda

Tuesday, 04 August 2009 10:26

Akibat Badai dan Gelombang Tinggi

MANADO—Angin kencang yang melanda Manado dan sekitarnya beberapa hari terakhir telah mengganggu aktivitas pelayaran. Sejumlah jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Manado terpaksa ditunda dengan alasan keamanan. “Hari ini (kemarin, red) ada tiga jadwal yang ditunda, yakni ke Tobelo, Ternate, dan Lirung. Mungkin besok (hari ini, red) sudah agak reda anginnya,” kata Kepala Administratur Pelabuhan (Adpel) Manado, Cornelius Rumambi, kemarin.
Menurut dia, sebelumnya, selama beberapa hari angin kencang bertiup, ada beberapa kapal yang terpaksa kembali ke Pelabuhan Manado dan ada yang berlindung di pulau terdekat. “Rata-rata yang rut eke Sangihe dan Talaud. Demi alasan keamanan mereka balik lagi,” ucap Rumambi.
Laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa angin bertiup dengan kecepatan 10 sampai 45 kilometer per jam. Tinggi gelombang berkisar 0,75 – 3,5 meter di Laut Sulawesi dan 1,5 – 4 meter di perairan Sangihe dan Talaud. “Ini kondisi waspada bagi yang beraktivitas di laut,” kata Artina Prihawati, Kasie Data dan Informasi BMKG Sulut.
Rumambi menambahkan, sebenarnya early warning dari BMKG Bitung bahwa kondisi badai ini hanya sampai Minggu (2/8). “Tapi karena masih ada angin kencang, dan gelombang sampai 3,5 meter, kami berhati-hati mengizinkan kapal berlayar,” tambah Rumambi.(irz)

http://www.mdopost.com/
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts