Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kebakaran Lahan di Kalteng Sebagian akibat Ulah Manusia

Kamis, 06 Agustus 2009 15:20 WIB

PALANGKARAYA--MI: Kebakaran lahan dan semak belukar di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) yang belakangan ini kian marak, sebagian besar dikarenakan ulah manusia.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kalteng Moses Nicodemus ketika dimintai konfirmasi masalah tersebut di Palangkaraya, Kamis (6/8), tidak membantah sinyalemen tersebut.

Masalahnya, tambahnya, berdasarkan pemantauan selama ini keberadaan titik api (hot spot), akibat kebakaran lahan tersebut bukan di hutan primer, tetapi di lahan non hutan atau di lahan kritis. Di lokasi itu banyak kegiatan manusia.

Di lokasi lahan-lahan seperti itu, ujar Moses, terdapat usaha perladagangan, perkebunan, serta usaha-usaha masyarakat lainnya. Biasanya, untuk membersihkan lahan persiapan tanam dilakukan dengan cara membakar lahan.

Tidak jarang api dari pembakaran lahan seperti itu merambat ke lahan lainnya sehingga menimbulkan kebakaran besar yang melahirkan gumpalan asap ke udara. Kebakaran lahan dan semak belukar seperti itu kalau terus dibiarkan berdampak terhadap kehidupan sosial, kehidupan ekonomi, transportasi, serta mengganggu kesehatan. (Ant/OL-01)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/89071/127/101/Kebakaran-Lahan-di-Kalteng-Sebagian-akibat-Ulah-Manusia
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts