Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Menhub Jamin Tak Ada Lokomotif Mogok

By Republika Newsroom

Minggu, 30 Agustus 2009 pukul 15:58:00

YOGYAKARTA-- Menteri Perhubungan RI Djusman Safei Djamal menjamin tak akan ada lokomotif kereta api (KA) yang mengalami pemogokan saat mengangkut penumpang lebaran tahun ini. Meskipun ada beberapa lokomotif yang usianya cukup tua namun

Menhub yakin, lokomotif tersebut tetap layak jalan dan tak akan mogok. "Untuk lebaran tahun ini diyakinkan lokomotif mogok kecil sekali," tegasnya kepada wartawan saat sidak persiapan lokomotif di bengkel KA di Balai Yasa Yogyakarta, Ahad (30/8) kemarin.

Diakui Djusman, saat ini pihak PT KA telah memiliki 190 lokomotif yang disiapkan untuk menarik KA lebaran. Dari jumlah tersebut 120 lokomotif dipastikan dalam kondisi baik dan 77 lokomotif dalam perbaikan sejak awal tahun 2009 di Balai
Yasa Yogyakarta. Namun dari 77 lokomotif itu saat ini tinggal 2 lokomotif yang belum selesai diperbaiki.

"Yang dua ini diyakinkan pada H-10 lebaran sudah akan dikeluarkan dan siap beroperasi," tegasnya.

Menurut Djusman, dari lokomotif tersebut tahun 2009 ini sudah ada 2 lokomotif baru yang dibeli PT KAI dari General Electric. Pemerintah sendiri lanjut Djusman, bersama PT KAI konsisten akan melakukan peremajaan lokomotif dan juga gerbong KA. Tahun 2010 mendatang direncanakan akan ada 20 lokomotif baru yang dibeli oleh PT KAI.

Djusman juga menjamin, penumpang lebaran tahun ini tidak akan kehabisan tiket lebaran, terutama tiket KA ekonomi.

Selain sidak kesiapan lokomotif di Balai Yasa, Menhub juga melakukan kunjungan ke Stasiun Lempuyangan dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

Sementara itu Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan RI, Tandjung IND mengatakan, dengan 190 lokomotif yang ada pihaknya yakin tahun ini bisa mengangkut penumpang tambahan sebanyak 3,6 juta atau 10 persen dari jumlah penumpang pada hari biasa.

Terkait dengan kesiapan lebaran, kata dia, PT KAI telah melakukan persiapan seoptimal mungkin. Ada beberapa pintu perlintasan tanpa penjaga yang maish tetap harus diwaspadai pada arus lebaran tahun ini. Pintu perlintasan itu antara lain di perlintasan Sumpyuh, Karanganyar, Nagrek dan Pejagan. (yli/rin)

http://www.republika.co.id/berita/72791/Menhub_Jamin_Tak_Ada_Lokomotif_Mogok
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts