Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Merck Hadapi Gugatan Ribuan Konsumen

20 Agustus, 2005

Perusahaan obat Amerika, Merck berjanji akan bertahan menghadapi ribuan gugatan hukum terhadap obat penghilang rasa sakit, Vioxx yang pernah dikonsumsi oleh 20 juta orang.

Seorang janda Texas memenangkan ganti rugi sejumlah 253 juta dolar lebih setelah seorang juri menyatakan bahwa suaminya meninggal karena mengkonsumsi obat tersebut.

Putusan itu bisa memberi jalan bagi 4.200 kasus lainnya yang melibatkan pengkonsumsian Vioxx, yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung kalau dikonsumsi dalam jangka panjang.

Merck membantah hal ini dan mengatakan mereka akan mengajukan banding terhadap putusan pengadilan Texas.

"Kami tidak percaya bahwa mereka telah menyajikan bukti-bukti yang cukup kuat," kata pengacara Merck, Jonathan Skidmore dalam sebuah pernyataannya.

"Gugatan ini didasarkan pada kenyataan bahwa kami yakin, kesaksian ahli yang kurang dapat dipercaya telah digunakan dalam proses pengadilan tersebut; serta bahwa terdapat pendapat-pendapat ahli tersebut yang tidak didasarkan pada temuan ilmiah."

Perusahaan itu bersikukuh bahwa mereka telah melakukan uji coba secara menyeluruh, kemudian menariknya dari pasaran begitu muncul kasus efek samping.

Dalam kasus kematin Robert Ernst, Merck mengatakan itu disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya dan bukan oleh obat Vioxx.

Namun pengacara janda Carol Ernst's menekankan bahwa obat itu menjadi sumber masalah, serta bahwa obat tersebut masih dipasarkan beberapa bulan setelah dinyatakan berbahaya.

Penelitian pemerintah Amerika menunjukkan, sekitar 27. 785 kasus serangan jantung atau kematian yang terjadi antara masa disahkannya pemakaian obat ini tahun 1999 sampai penarikannya dari pasaran lalu oleh Merck, kemungkinan dipicu oleh pemakaian obat ini.

Proses gugatan pengadilan berikutnya terhadap obat Vioxx akan dilakukan di New Jersey, yang akan dimulai bulan depan, dan di in New Orleans akhir November.

http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2005/08/050820_merck.shtml
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts