Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Potong Trayek, 20 Metromini Ditindak

03-08-2009 18:22

Banyaknya angkutan umum yang tidak mengantarkan penumpang hingga tujuan membuat Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur gerah. Makanya, selama tiga hari petugas melakukan penertiban di kawasan flyover (FO) Pondokkkopi yang disinyalir tempat metromini menurunkan seluruh penumpang dan memutar arah. Hasilnya, 20 metromini tertangkap basah saat memotong jalur di FO Pondokkopi. 10 diantaranya bahkan dikandangkan karena surat-surat kendaraannya tidak lengkap.

Sebelumnya, sejumlah pengendara yang melintas kawasan Klender kerap mengeluh banyaknya angkutan umum yang menurunkan penumpang di tengah jalan. Kondisi tersebut langsung ditindaklanjuti Sudin Perhubungan Jakarta Timur bekerja sama dengan petugas kepolisian. Sejak Jumat (31/7)-Senin (3/8) petugas gabungan langsung berjaga di FO Pondokkopi. Hasilnya cukup lumayan, dari tiga hari operasi sudah 20 metromini yang ditindak.

Metromini yang ditindak memiliki rute T 42 Pulogadung-Klender, T 506 Kampungmelayu-Pondokkopi, dan T 47 Senen-Pondokkopi. ”Penertiban dilakukan khususnya terhadap angkutan umum seperti metromini T 42, T47, serta T 506 yang biasa memutar di kolong FO Pondokkopi,” kata Viktor Tampubolon, Kasudin Perhubungan Jaktim, Senin (3/8). Ia mengungkapkan, dari hasil operasi sudah 20 metromini yang ditindak, 10 diantaranya dikandangkan.

Semestinya para awak kendaraan tersebut tidak diperbolehkan memutar sebelum tujuannya berakhir. Karena, ulah awak kendaraan tersebut sangat merugikan para penumpang yang tengah berada di dalam bus. Akibatnya, para penumpang harus pindah ke angkutan lainnya yang juga ngetem di kolong FO Pondokkopi. ”Selain memotong trayek, keberadaan angkutan umum tersebut juga mengakibatkan kawasan menjadi macet dan semrawut. Karena di kawasan itu juga terdapat perlintasan kereta api. Ditambah lagi dengan banyaknya ojek motor yang sengaja mencari penumpang di dekat Stasiun Klender Baru,” jelasnya.

Untuk mencegah terjadinya kembali pelanggaran yang dilakukan oleh sejumlah awak kendaraan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat serta pengurus awak kendaraan yang kerap melintas di kawasan tersebut. ”Untuk menertibkan kawasan di kolong FO Pondokkopi, kami akan segera lakukan koordinasi dengan masyarakat setempat dan pengurus awak kendaraan. Dengan begitu kami harap, kawasan kolong FO tidak lagi semrawut, sebelum putaran di kolong FO Pondokkopi dilakukan,” tambahnya.

Reporter: anton

http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=34616
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts