Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Ramadan, Litrik Jangan Dimatikan

Selasa, 04 August 2009

PADANG - PT PLN (Persero) Sumbar diharapkan tidak melakukan pemadaman listrik di bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari, sebab masyarakat akan menjalankan ibadah taraweh dan kegiatan ibadah lainnya.

"Kita harapkan tidak ada pemadaman, karena di Ramadan banyak sekali ibadah yang harus dijalankan kaum muslimin," ujar Wakil Gubernur Sumbar, H. Marlis Rahman menjawab wartawan di gedung DPRD Sumbar usai rapat paripurna, Selasa (3/8).

Apalagi, setelah Magrib, mulai dari Salat Isya, Salat Taraweh, tadaru dan lainnya. Selanjutnya dini hari mejelang imsak (batas menahan), kaum muslimin akan makan sahur.

"Kalau memang daya PLN tidak mampu, kita harapkan pemadamannya jangan sampai di saat-saat pelaksanaan ibadah itu. Carikan waktu lainnya, karena mayoritas masyarakat Sumbar muslim," katanya.

Menurut Wagub Marlis, sejauh ini Pemprov Sumbar masih baru sebatas mengimbau PLN untuk tidak melakukan pemadaman. Belum lagi melakukan pemanggilan untuk membicarakan hal tersebut. "Mungkin nanti akan ada pembicaraan itu dengan Pak Gubernur," jelasnya.

Akhir-akhir ini, masyarakat Sumbar mengelhkan pemadaman listrik. Pemadaman terkadang berlangsung sampai empat jam, dari janji hanya 2,5 jam. Tidak jarang pula, pemadaman berlangsung dua sampai tiga kali sehari. Kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan, terutama pada malam hari.

Beberapa warga masyarakat memang berharap PLN tidak mematikan listrik ketika Ramadan. Supaya, aktivitas ibadah tidak terganggu. "Kalau ramadan kita kan banyak aktivitas. Salat berjamaah di masjid itu penting sekali, walaupun hari-hari kita ke masjid juga. Jadi kita berharap tidak mati listrik, supaya jalan terang, salat bisa lancar dan memasak juga bisa lancar," ujar Atik, seorang ibu rumah tangga di Tabing.

Warga lainnya, Budi juga berharap begitu. Bila listrik mati, masjid akan gelap dan orang akan malas datang ke sana. Dari itu, dia berharap PLN bersikap arif dan bijaksana, sehingga listrik tetap hidup di saat ibadah ramadan dilaksanakan. (104)

http://www.hariansinggalang.co.id/index.php?mod=detail_berita.php&id=2789
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts