Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Virus yang Menghantui Pengguna Ponsel

Rabu, 05/08/2009 18:33 WIB

Fransiska Ari Wahyu - detikinet

Jakarta - Ancaman berbagai program jahat bukan hanya mengintai pengguna komputer, tapi juga pengguna ponsel. Ada sejumlah program jahat yang siap merongrong para pengguna ponsel. Apa saja?

"Ada sejumlah program jahat yang menyerang ponsel. Misalnya Cabir, yang bisa menyebar melalui Bluetooth," ujar Sergey Nestruev, Director Mobile Business Kaspersky Lab, di sela acara peluncuran versi terbaru Kaspersky 2010 di FX Plaza Jakarta, Rabu (5/7/2009).

Cabir yang bisa disebut sebagai 'sesepuh' virus ponsel ini terdeteksi pertama kali tahun 2004. Hingga kini virus jenis worm ini masih bergentayangan.

"Selain Cabir, ada juga worm jenis lain, yakni Comwar. Program jahat lainnya misalnya Trojan Horse. Mungkin si pemilik ponsel yang terinfeksi tidak sadar jika ponselnya menyebarkan worm ke ponsel lain, demikian juga si pemilik ponsel yang menjadi sasaran," tambah Sergey.

Program-program jahat yang menyerang ponsel tersebut dapat menimbulkan berbagai akibat, misalnya membuat sistem error, melumpuhkan aplikasi, tercurinya data-data penting, dan sebagainya.

Untuk menangkal program jahat yang menghantui pengguna ponsel, Kaspersky Lab menawarkan solusi dengan menghadirkan Kaspersky Mobile Security ( KMS) 8.0, yang diklaim akan memberikan perlindungan optimal untuk ponsel.

Antivirus scanner pada KMS 8.0 akan secara otomatis memindai semua objek yang masuk. Semua objek berbahaya dapat dihapus dan disimpan dalam karantina. Firewall yang dibenamkan di KMS 8.0 diklaim mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai serangan maya dan mobile worm yang menyebar melalui Bluetooth dan koneksi Wi-Fi.

Kendati KMS 8.0 diklaim ampuh memberikan perlindungan terhadap ancaman program jahat, namun Sergey menegaskan bahwa tidak ada satupun antivirus yang mampu memberikan jaminan keamanan 100 persen. ( faw / ash )

http://www.detikinet.com/read/2009/08/05/175112/1178133/323/virus-yang-menghantui-pengguna-ponsel
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts