Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Puluhan Bus Kena Sanksi

MAGELANG--MI: Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal mengatakan, puluhan bus yang melayani pemudik Lebaran 2009 dikenai sanksi karena melanggar aturan.

''Totalnya 97 armada dan 40 perusahaan otobus (PO),'' katanya, di sela memantau arus balik Lebaran di Terminal Soekarno-Hatta Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/9).

Ia mengatakan, pelanggaran yang dilakukan para awak bus umum itu paling banyak terjadi di Terminal Pulogadung Jakarta yakni 41 bus dan 10 PO.

Berbagai pelanggaran yang telah dilakukan para awak bus dan PO itu, kata dia, antara lain menyangkut kenaikan tarif angkutan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta kelayakan armada.

''Kalau kelaikan armada, dari semua terminal diperiksa ketat sehingga keluar armada semua laik, hanya ada satu bus yang keluar dari terminal di Bogor ternyata remnya 'blong' (tidak berfungsi),'' katanya.

Ia mengatakan, sanksi yang diberikan kepada mereka disesuaikan dengan pelanggarannya. Pada kesempatan itu ia juga mengatakan, layanan transportasi Lebaran pada 2009 relatif lebih baik ketimbang 2008 karena kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dengan jajaran pemerintah daerah termasuk dengan jajaran kepolisian dan TNI.

''Kepolisian memusatkan perhatian sehingga tingkat gangguan keamanan terhadap pemudik turun, pasukan di berbagai tempat, memberi rasa aman di terminal dan bandara. Ini meyakinkan masyarakat untuk mudik Lebaran,'' katanya.

Selain itu, katanya, dukungan pemberitaan melalui media massa juga telah mendorong pemudik untuk berpikir secara rasional tentang pilihan waktu mereka pulang kampung dan kembali ke berbagai kota tujuan.

''Dukungan media yang menyampaikan informasi secara jelas tentang situasi mudik di setiap kota sehingga pemudik rasional memilih waktu,'' katanya. (Ant/Ol-5)

http://www.mediaindonesia.com/webtorial/ayomudik/?ar_id=NjQxMw==
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts