Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pasokan Ikan di Mamuju Berkurang

Jumat, 27 November 2009 | 20:30 WITA

MAMUJU, TRIBUN - Pasokan ikan di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) berkurang akibat cuaca buruk dan hari raya Idul Adha 1430 H.

Salah seorang petugas Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Mamuju, Burhanuddin, Jumat, mengatakan, sejak terjadi hujan deras dan angin kencang beberapa hari lalu, jumlah nelayan yang melaut sedikit, sehingga pasokan ikan menjadi berkurang.

Saat ini, pasokan kembali berkurang, karena sebagian besar nelayan pulang ke kampung halaman merayakan Idul Adha.

"Karena itulah, pasokan ikan di Kota Mamuju sangat berkurang, sehingga para pedagang, khususnya yang menggunakan sepeda motor sulit mendapatkan ikan untuk dijual," urainya.

Ia menambahkan, sehari lalu jumlah kapal nelayan yang sandar di PPI Mamuju hanya dua unit.

Bahkan, kata dia, pada hari ini (27/11), tidak ada kapal nelayan yang sandar di PPI untuk menimbang ikan.

Padahal, pada saat kondisi normal, jumlah kapal nelayan yang bersandar di PPI Mamuju untuk menimbang ikan minimal lima buah.

"Hal ini memang sudah sering terjadi pada saat hari raya besar keagamaan, sepeti Idul Fitri dan Idul Adha, sehingga kami tidak lagi kaget dengan situasi seperti ini," ungkapnya.

Sebagian besar nelayan di Mamuju berasal dari Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

"Saya perkirakan mereka akan kembali lagi ke Mamuju pada hari Senin mendatang, dan pasokan ikan di Mamuju bisa kembali normal," tuturnya.

Itupun, kata dia, jika kondisi cuaca yang mendukung untuk kembali ke Mamuju dan juga mendukung untuk kembali melaut mencari ikan.(*)

http://www.tribun-timur.com/read/artikel/60059
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts