Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Serobotan, Agen Gas 3 Kilo Disemprit

Sabtu, 28 November 2009 - 5:53 WIB

GAMBIR (Pos Kota) – Sejumlah agen gas elpiji 3 kg ‘disemprit’ pengurus Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) karena melanggar rayonisasi distribusi.

“Saya lupa detailnya. Yang jelas, DPP (Dewan Pengurus Pusat) sudah menegur beberapa agen,” ungkap Didi Suryadi, Ketua DPD Hiswana Migas Jakarta, Banten dan Jabar.

Mereka mendapat teguran karena masih menjual gas elpiji 3 kg di luar area wilayahnya. Padahal sudah ada kesepakatan soal tata niaga termasuk memberlakukan rayonisasi distribusi.

Di antara agen yang ditegur tersebut, Didi mengaku ada juga yang dikenakan sanksi skorsing. Tidak diberi pasokan gas elpiji 3 kg selama satu minggu.

Sikap tegas DPP Hiswana Migas ini dimaksudkan untuk mencegah terulangnya kembali persaingan para pemodal besar dengan cara-cara tidak sehat saat program konversi dari minyak tanah ke gas elpiji 3 kg diberlakukan.

TAK BISA MAIN SERUDUK

Dulu sebelum ada tata niaga, lanjutnya, agen bisa seenaknya menjual gas elpiji 3 kg kemana-mana. Tidak ada batasan wilayah. Akibatnya agen yang melayani wilayah itu kolaps, karena pasarnya direbut agen dari tempat lain.

Sekarang sudah diatur tata niaganya, sehingga agen tidak boleh main seruduk. Di samping itu, harga jual gas elpiji 3 kg di pangkalan saat ini sudah mendekati harga eceran tertinggi (HET) Rp12.750/tabung.

Sehingga harga jual gas elpiji 3 kg di warung paling banter harus Rp13.500 hingga Rp14.000/tabung. “Kalau lebih dari harga tersebut, Hiswana akan menegur pangkalan yang membina warung tersebut,” jelas Didi.

(setiawan/us/o)

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/11/28/serobotan-agen-gas-3-kilo-disemprit
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts