Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Tahun Depan Kota Bekasi Perbaiki Drainase

Sabtu, 28 November 2009 | 01:24 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Perbaikan drainase (saluran air) di Kota Bekasi akan menjadi prioritas dari program Dinas Bina Marga pada 2010 agar jalan yang kondisinya sudah baik bisa tahan lama.

"Ada beberapa ruas jalan yang drainasenya kecil dan dangkal hingga perlu perbaikan. Kita inginnya jalan memiliki drainase dan trotoar yang memadai," kata kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air, Kota Bekasi, Agus Syofyan di Bekasi, Jumat (27/11).

Ia mengatakan, pada 2010 dari dana APBD sebesar Rp 200 miliar, senilai Rp 140 miliar akan digunakan untuk Bina Marga dan sebagian dari jumlah itu akan digunakan untuk perbaikan drainase.

Ia mengatakan, jalan jadi cepat rusak akibat drainase yang memenuhi badan jalan atau air di jalan tidak mengalir ke drainase hingga memperpendek umur dan ketahanan jalan.

Ia mencontohkan, pengerjaan pelapisan jalan raya Sultan Agung Kota Bekasi sampai Pulogadung, yang dilakukan oleh Departemen Pekerjaan Umum (DPU) belum diimbangi dengan drainase memadai. Akibat jeleknya sistem drainase, saat musim penghujan air menggenang di banyak ruas jalan dan mengakibatkan munculnya lobang-lobang pada badan jalan.

"Dana besar yang dikeluarkan untuk perbaikan dan pelapisan jalan akhirnya hanya memberikan manfaat sesaat, apalagi dibarengi dengan kerja kontraktor yang kurang profesional," ujarnya.

Ia mengatakan, perbaikan jalan raya Sultan Agung itu dilakukan sepenuhnya oleh Departemen PU. Dari ruas jalan yang diperbaiki itu sekira 6,3 kilometer berada di wilayah Kota Bekasi sementara sisanya 9 kilometer masuk Jakarta Timur. "Kita hanya dimintai koordinasi dalam pembangunan jalan tersebut, dan kegiatan ini bersifat bantuan dari dana APBN," ujarnya.

Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad, mengatakan, kondisi jalan serta drainase dan trotoar memadai sangat diperlukan dalam memperindah Kota Bekasi. Ia mengatakan, Kota Bekasi berkeinginan agar bisa meraih piala Adipura 2010 dan tanpa dibarengi kondisi jalan, drainase dan trotoar yang baik, akan mengurangi penilaian secara keseluruhan.

Ia minta agar aparat Bina Marga dan Tata Air memperhatikan betul perencanaan sarana jalan dan pendukungnya agar bisa memberikan penilaian positif bagi Kota Bekasi.

XVD

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/11/28/01244621/tahun.depan.kota.bekasi.perbaiki.drainase..
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts