Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Disperindagkop belum Temukan Tabung Bermasalah

30 December 2009, 10:49

Soal Isi Tabung Gas Berkurang


BANDA ACEH - Tim pemeriksa dari Dinas Perindustrian, Perdagangan,Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Aceh, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) kemarin belum menemukan tabung elpiji yang bermasalah. Sidak tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti keluhan masyarakat tentang adanya dugaan isi tabung gas elpiji yang berkurang. Sidak dilakukan di dua lokasi di Aceh Besar, yaitu di Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) Lambaro dan lima toko di Indrapuri. Kepala Dinas Perindagkop, dan UKM Aceh, Cipta Hunai, mengatakan, pemeriksaan tabung elpiji akan terus dilakukan di tempat-tempat lain.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Disperindagkop dan UKM Aceh, Drs Ridwan Ismail MM, menjelaskan, pemeriksaan dilakukan pada 32 tabung yang diambil secara acak dari SPBE Lambaro dan lima toko di Indrapuri. Beberapa tabung elpiji yang sudah dinaikkan ke truk dan siap diantarkan ke agen juga diturunkan untuk diperiksa beratnya. “10 orang yang tergabung dalam tim pemeriksaan ini membawa satu unit timbangan standar eletronik, dan telah menimbang 32 tabung elpiji isi 12 kilogram. Ada beberapa tabung yang kurang beratnya, namun masih dalam batas toleransi, maksimal 150 gram per tabung. Banyak juga yang berlebih beratnya namun juga masih dalam batas toleransi, tidak ditemukan tabung yang beratnya benar-benar tepat 15 kilogram,” papar Ridwan.

Dikatakan, di setiap toko yang mereka kunjungi tampak tersedia timbangan yang bisa digunakan untuk mengetahui berat tabung elpiji. “Tapi di mobil yang mengantarkan elpiji ke rumah-rumah, tidak ada yang membawa timbangan. Seharusnya mobil-mobil ini juga membawa timbangan dan memperlihatkan kepada konsumen bahwa berat tabung elpiji yang diturunkan sudah sesuai. Hal inilah yang belum dijalankan penyalur elpiji,” ujarnya. Ridwan menyampaikan, pihak SPBE Lambaro mengharapkan pihak Disperindagkop dan UKM Aceh segera menggelar pertemuan dan koordinasi dengan Pertamina dan SPBE untuk membahas masalah tabung elpiji yang isinya berkurang dari yang seharusnya. “Saran dari pihak SPBE akan segera segera kita tindaklanjuti,” kata dia.(ami)

http://www.serambinews.com/news/view/20775/disperindagkop-belum-temukan-tabung-bermasalah
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts