Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kartika Air Berhenti Terbang ke Ternate

Rabu, 30 Desember 2009 10:19 WIB

Metrotvnews.com, Ternate: Maskapai penerbangan Kartika Air menghentikan sementara penerbangan dari Jakarta ke Ternate, Maluku Utara (Malut) meski baru memulai pelayanan 26 Oktober 2009. Rabu (30/12), General Sales Agent (GSA) Kartika Air di Ternate, Ilham Tjan mengatakan penghentian ini karena semakin banyaknya perusahaan penerbangan yang membuka rute ke Ternate.

Kartika Air sebenarnya telah menghentikan penerbangan ke Ternate sejak November 2009. Tapi saat itu alasannya untuk perawatan rutin pesawat dan menjadwalkan akan kembali melakukan penerbangan pada 18 Desember 2009. "Tapi karena saat itu ada maskapai penerbangan lain yakni Sriwijaya Air yang mulai membuka rute penerbangan dari Jakarta ke Ternate, maka Kartika Air memutuskan untuk menghentikan sementara penerbangannya ke Ternate," ujar Ilham.

Kartika Air akan melihat perkembangan penumpang dari dan ke Ternate pada 2010. Kalau mobilitas penumpang tetap tinggi, Kartika Air akan kembali melakukan penerbangan ke Ternate. Dengan terhentinya penerbangan Kartika Air ke Ternate maka saat ini sisa tujuh maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari dan ke Ternate, yakni Merpati, Ekspres Air, Batavia Air, Lion Air, Wings Air, Trigana Air dan Sriwijaya Air.

Sejumlah kalangan di Ternate menyayangkan penghentian penerbangan Kartika Air. Apalagi, kalau alasannya masalah jumlah penumpang, karena jumlah penumpang pesawat udara dari dan ke Ternate tetap tinggi. "Sesuai data dari Departemen Perhubungan, jumlah penumpang pesawat dari dan ke Ternate setiap tahun meningkat rata-rata 15 persen. Ini merupakan peningkatan tertinggi dari seluruh daerah di Indonesia," ujar anggota DPRD Malut Rusmin Latara.

Oleh karena itu, manajemen Kartika Air diharapkan kembali melakukan penerbangan ke Ternate. Bahkan, kalau memungkinkan rute yang dilayani diperluas terutama ke wilayah Indonesia Timur seperti Papua karena penerbangan langsung dari Ternate ke Papua belum ada. Ia menambahkan, dengan semakin banyaknya maskapai penerbangan yang melakukan penerbangan ke Ternate, akan menguntungkan masyarakat setempat. Terutama dari segi harga tiket pesawat. Maskapai penerbangan tidak akan berani lagi menetapkan harga tiket pesawat terlalu mahal.

Dulu ketika maskapai penerbangan yang melakukan penerbangan dari dan ke Ternate hanya sedikit, maskapai penerbangan seenaknya menetapkan harga tiket. Untuk Ternate-Jakarta misalnya mencapai Rp 2 juta ke atas, sekarang ketika maskapai penerbangan sudah banyak harga tiket pada rute itu hanya berkisar Rp1 juta-Rp1,5 juta.(Ant/BEY)

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2009/12/30/8029/Kartika-Air-Berhenti-Terbang-ke-Ternate
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts