Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

HIPMI Sesalkan Ketidaksiapan Indonesia Hadapi ACFTA

Jumat, 29 Januari 2010 16:56 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menyesalkan ketidaksiapan pemerintah menghadapi perdagangan bebas, terutama perdagangan bebas ASEAN-China (ACFTA).

"Isu paling besar adalah tidak adanya sosialisasi dan persiapan, sehingga saat pemberlakukan free trade, dunia usaha kaget karena tidak punya persiapan," kata Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa usai bertemu Wapres Boediono di Istana Wapres, Jumat.

HIPMI, kata Erwin, menyadari bahwa sekarang China memiliki banyak barang murah yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan industri. Sebagian besar barang-barang China juga merupakan barang jadi yang bisa langsung dikonsumsi (consumer product).

"Indonesia banyak ekspor bahan baku. Sedangkan China kebanyakan barang jadi. Kenapa kita tidak ekspor barang jadi juga. Itu kan butuh pabrik," kata Erwin.

Terkait itu HIPMI berharap Pemerintah dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur yang mendukung produksi barang jadi. HIPMI juga meminta perbankan memberikan dukungan kepada pengusaha.

"Ini butuh dukungan perbankan yang memiliki peranan penting. Terutama dukungan dalam bangun pabrik," ujar Erwin.
(*)

http://www.antaranews.com/berita/1264758975/hipmi-sesalkan-ketidaksiapan-indonesia-hadapi-acfta
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts