Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Menyusui Atasi Kegemukan Usai Persalinan

Labels: , ,
Rabu, 20 Januari 2010, 10:21 WIB

CINCINATI--Tanpa disadari kegiatan menyusui pascamelahirkan membantu para ibu muda mengembalikan berat badan seperti semula. Fakta itu terungkap setelah para peneliti melakukan sebuah riset yang menyimpulkan kegiatan menyusui secara efektif membakar lebih dari 500 kalori.

Peneliti juga menyebutkan kegiatan menyusui bahkan jauh lebih efektif ketimbang menghabiskan waktu secara rutin mengikuti fitness. "Jika menyusui secara rutin selama 6 bulan, kemungkinan kurusnya akan lebih cepat usai melahirkan," tukas Karen Wosje, Profesor Pediatrik dari Children Hospital Medical Center, seperti dikutip dari Chicagotribune.com,Selasa (19/1).

Meski demikian, Karen mengakui, tidak semua perempuan pascamelahirkan bisa mendapati tubuhnya langsung seketika dengan diet menyusui.

Salah seorang Perempuan kepada Chicagotribune.com mengaku dirinya sudah melakukan diet ini secara ketat tapi tetap saja berat badan dirinya tidak jua menyusut. "Setiap hari saya memompa payudara untuk mendapatkan ASI agar bisa kurus setelah melahirkan. Bahkan saya punya dua kulkas persedian ASI, tapi tetap saja berat badan saya tidak turun," katanya.

Pasalnya, semakin banyak air susu yang diproduksi akan diikuti pula dengan nafsu maka ibu. Hal itu disebabkan, produksi hormon prolaktin yang merangsang nafsu makan. Selain itu, faktor stress dan kurangnya aktivitas juga menghambat suksesnya diet menyusui.

"Tidak bisa hanya mengandalkan menyusui untuk bisa kurus tanpa melakukan aktivitas apapun," tegasnya.

Karen berpendapat kegiatan menyusui bisa membakar kalori tapi banyak faktor yang mempengaruhi. Ia juga menegaskan, asalkan prinsip dan tekniknya sama, diet menyusui juga bisa diterapkan pada perempuan dengan kegemukan. Tapi perlu bukti dan riset mendalam untuk mengungkap hal itu.

Red: ririn
Reporter: cr2

http://www.republika.co.id/berita/101664/menyusui_atasi_kegemukan_ibu_usai_persalinan
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts