Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Mesuji Resmi Luncurkan KTP SIAK

Rabu, 27 Januari 2010

MESUJI (Lampost): Kabupaten Mesuji secara resmi meluncurkan kartu tanda penduduk (KTP) berbasis sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK). Hal itu ditandai dengan peluncuran KTP di Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, di Kecamatan Simpangpematang, Senin (25-1).

Peluncuran KTP SIAK dibuka langsung Penjabat Bupati Mesuji Ruswandi Hasan, dan dihadiri seluruh pejabat eselon II dan III di lingkungan pemkab setempat. Selain itu, turut hadir anggota Muspida Kabupaten Mesuji.

Mengawali peluncuran KTP SIAK, Kepala Disdukcapilnakertrans Mesuji Yulianto mengatakan program tersebut merupakan salah satu program yang menjadi pelayanan unggulan kepada masyarakat Mesuji.

Ruswandi Hasan dalam sambutannya mengatakan KTP yang dibuat merupakan KTP SIAK. "Di mana, KTP ini berlaku untuk nasional," kata dia.

Kemudian, kata Ruswandi, dalam pembuatan KTP SIAK hanya dikenakan biaya administrasi Rp12.500/KTP. Dan, tahapan pembuatannya harus melalui RT, RW, kemudian ke kampung seterusnya ke kecamatan. "Dari kecamatan itu sudah ada operatornya. Jadi, tinggal menunggu proses pembuatannya. Untuk berapa hari jadinya, itu disesuikan. Tapi harapannya harus cepat," kata dia.

Selain itu, Ruswandi juga meminta semua perangkat kampung hingga kecamatan terbuka dalam proses pembuatan KTP. "Karena, dari Rp12.500 itu dibagi-bagi. Ada untuk kampung, kecamatan, dan dinas yang membuat KTP. Semua itu ada jatahnya," kata dia.

Ruswandi juga berharap agar kepala kampung benar-benar memperhatikan kelengkapan adminsitrasi pembuatan KTP. "Jangan mudah memberi KTP," ujar dia.

Hal itu dihindari agar tidak digunakan untuk hal negatif atau kriminal. Contohnya, jika seorang meminta dibuatkan KTP dengan status belum kawin, untuk syarat menikah, harus diperiksa dahulu. Jangan sampai, setelah menikah, baru diketahui sudah mempunyai istri dan belum bercerai. "Ini kan akan menjadi masalah. Ini hanya contoh saja," kata dia. n UAN/D-3

http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2010012701341537
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts