Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Peternak Dianjurkan Mengonsumsi Vitamin

Rabu, 27 Januari 2010 10:17 WIB

Metrotvnews.com, Sumber: Peternak di Kabupaten Cirebon, Cirebon, yang bersentuhan langsung dengan unggas pada musim hujan dianjurkan mengonsumsi vitamin atau buah-buahan. Aksi ini untuk memperkuat daya tahan tubuh agar terhindari flu burung.

"Bagi peternak unggas dianjurkan memperkuat daya tahan tubuh antara lain mengonsumsi vitamin," kata Kepala Seksi Ternak, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Setio Utomo di Sumber, Rabu (27/1).

Setio mengatakan, mengingat di daerah itu akhir-akhir ini banyak ternak unggas terindikasi terserang flu burung, maka para peternak harus meningkatkan daya tahan tubuh.

Populasi unggas di Kabupaten Cirebon kini sekitar 1,8 juta ayam dan 400 ribu itik tersebar di 40 kecamatan. Sebanyak 1,8 juta ayam pada umumnya adalah ayam buras. Khusus ayam ras yang diternakkan secara intensif, vasksinasi dilakukan secara rutin, sehingga kecil kemungkinan terserang virus flu burung (H1N1).

Berbeda dengan ayam buras yang dikandangkan hanya pada malam hari dan hampir tidak pernah divaksinasi, mereka sangat rentan terinfeksi H1N1. Karena itu, Dinas Pertanian Cirebon kini terus memantau perkembangan ternak unggas di daerahnya. Termasuk memberi penyuluhan ke masyarakat peternak mengenai langkah yang harus ditempuh jika terjadi serangan flu burung.

Berdasarkan data, hampir sebulan terakhir sekitar 90 ayam mati mendadak di Kabupaten Cirebon yang diduga terkena flu burung. Seorang warga Kabupaten Cirebon bernama DR (41) hingga kini masih ditangani intensif di Rumah Sakit Gunungjati, Cirebon. Ia diduga terjangkit flu burung.(Ant/BEY)

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/01/27/9650/Peternak-Dianjurkan-Mengonsumsi-Vitamin/92
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts