Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pasar Bebas, Kok Harga Mobil Belum Turun

Minggu, 24 Januari 2010, 10:23 WIB

Sejak bulan ini perusahaan-perusahaan importir sudah menikmati pajak bea masuk 0%.

VIVAnews - Sejak bulan ini perusahaan-perusahaan importir barang dari ASEAN dan China sudah menikmati pajak bea masuk 0%. Ini menyusul penerapan penuh perjanjian perdagangan bebas (FTA) di negara-negara itu sejak 1 Januari 2010.

Akibat turunnya pajak, barang-barang impor pun sudah mulai membanjiri pasar Indonesia. Seperti jeruk Mandarin, durian Bangkok, tekstil China, dan sejumlah barang lain bisa Anda dapatkan dengan harga miring.

Tetapi kondisi ini sepertinya tidak berlaku pada industri otomotif. Lihat saja, harga-harga mobil belum terlihat turun. Padahal tak jarang mobil-mobil yang berkeliaran di Indonesia merupakan rakitan Thailand, China, dan Malaysia.

Menurut Presiden Direktur Ford Motor Indonesia Will Angove, penentu harga kendaraan tidak hanya pajak bea masuk, tetapi juga pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Selain itu, yang jauh lebih sensitif adalah nilai tukar rupiah.

"Memang saat ini rupiah sedang menguat, tapi kami tidak tahu seberapa lama rupiah bertahan pada posisi Rp 9.400 per dolar AS," kata dia di Jakarta, pekan ini.

Bila bea masuk sudah turun dari 5% menjadi 0%, rupiah juga sedang menguat, lalu apa yang ditunggu pelaku industri? "Kami akan melihat teman-teman kami di lapangan," katanya. "Apakah mereka mau menurunkan harga atau tidak, kami masih mengkaji."

Namun, dia mengatakan, daripada menurunkan harga kemudian saat rupiah melemah harga kendaraan kembali dinaikkan, lebih baik perusahaan membuat program-program yang memberi nilai lebih bagi konsumen.

Misalnya, dengan harga tetap perusahaan menambah aksesoris kendaraan. "Atau, sekarang saat ini kami (Ford) membuat program DP 0% atau Bunga 0%," ujar Will. "Semua akan kami kembalikan kepada konsumen."

hadi.suprapto@vivanews.com
• VIVAnews

http://bisnis.vivanews.com/news/read/123828-kok_harga_mobil_belum_turun
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts