Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Polisi Sebarkan Tips Aman Bertransaksi di ATM

Sabtu, 23/01/2010 19:50 WIB

Imam Wahyudiyanta - detikSurabaya

Surabaya - Selain mengadakan pemeriksaan mesin ATM, polisi juga menyebar imbauan berupa tips agar aman dalam bertransaksi menggunakan ATM. Imbauan tersebut ditempel di sejumlah mesin ATM.

"Ini adalah antisipasi agar masyarakat terhindar dari pembobolan ATM," ujar Kapolsek Simokerto, AKP Aditya Puji, kepada wartawan di ATM BCA, Jalan Kenjeran, Sabtu (23/1/2010).

Isi tips itu adalah agar pengguna ATM melindungi kerahasiaan pin dengan mengganti pin secara berkala, menutup dengan tangan saat memasukkan pin dan tidak memberikan pin ke orang lain.

Selain itu pengguna ATM agar memperhatikan kondisi fisik ATM, jika mencurigakan jangan melakukan transaksi dan berpindah ke ATM yang aman, melihat alat telan kartu (EDC) mencurigakan atau tidak, blokirlah ATM bila menemukan kejanggalan transaksi, carilah ATM yang dijaga satpam dan jangan percaya dengan bantuan orang lain saat bertransaksi.

"Himbauan tersebut kami tempel di kaca bilik ATM agar pengguna ATM mudah
membacanya," tambah Akpol lulusan 1998 itu.

Selain ATM, toko emas di kawasan Kapasan juga menjadi sasaran himbauan Polsek
Simokerto. Imbauan itu berisi pesan kepada pemilik toko emas agar pertama, harus memiliki rasa curiga baik terhadap pelanggan yang membeli maupun menggadaikan emas. Kedua, harus awas jika ada pembeli atau penggadai yang sering mondar-mandir. Dan yang ketiga, segeralah menghubungi pihak berwajib terdekat jika melihat sesuatu yang mencurigakan.

"Toko emas adalah sasaran yang banyak diincar pelaku kejahatan," lanjut Aditya.

Selain itu Aditya, juga menyebar brosur berisi nomor-nomor penting baik kepolisian, rumah sakit, PLN dan PMK yang bisa dihubungi.

(bdh/bdh)

http://surabaya.detik.com/read/2010/01/23/195046/1284627/466/polisi-sebarkan-tips-aman-bertransaksi-di-atm
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts