Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Shuttle Bus Gantikan Busway

Kamis, 21-01-10 | 20:05

MAKASSAR -- Kota Makassar sulit menerapkan sistem transportasi jalur busway ala Jakarta. Hal ini terungkap setelah pertemuan tim penyusun cetak biru transportasi Makassar di ruang Sekretaris Kota Makassar, Anis Kama, Rabu, 20 Januari.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Makassar, Taufik Jaya, juga mengakui hal tadi. "Sudah ada kajiannya dan memang sulit dilakukan. Kita akan revisi lagi dengan mengadopsi konsep transportasi jalan di Yogyakarta yang menggunakan model shuttle bus bukan halte," ujar dia.

Salah satu kendala tak bisa mengadopsi busway ala Jakarta, karena kondisi jalur jalan di Makassar. Begitupun dengan sarana pendukung lainnya seperti penempatan halte di tengah jalan, sulit dilakukan.
Sebelumnya, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, juga mengakui hal tersebut. "Lajur jalanan di kota Makassar masih sempit," ujar Ilham.

Dua pejabat Bagian Perencanaan Badan Litbang Kementerian Perhubungan, Siti Maemunah dan Atik Keswati, mengatakan konsep stransportasi sistem shuttle akan diterapkan tahun 2011 di Makassar. Dirjen Perhungan Darat Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan bantuan 20 bus terkait pelaksanaan jalur semi busway tersebut. (nto)

http://www.fajar.co.id/index.php?option=news&id=79541
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts