Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Waspadai Gizi Buruk Sebagai Gejala AIDS Pada Anak

Labels: ,
Wednesday, 27 January 2010 01:05

MEDAN - Penyakit gizi buruk yang ditandai dengan menurunnya berat badan, perlu diwaspadai sebagai gejala Human Immunodeficiency Virus/Aquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) pada anak-anak.

Paling tidak, satu dari dua anak yang menderita gizi buruk patut dicurigai terinfeksi HIV. Apalagi bila gejala gizi buruk tidak segera pulih meski anak tersebut sudah dintervensi dengan nutrisi.

“Hasil penelitian di Jakarta, satu dari dua kasus gizi buruk terpapar HIV. Makanya, harus segera dideteksi untuk penanganan lebih baik,” kata Kadis Kesehatan Sumut, Candra Syafei, melalui Project Officer Global Fund Komponen AIDS (GF-AIDS), Andi Ilham Lubis, tadi malam.

Menurutnya, beberapa literatur menyebutkan bahwa ada sejumlah penyakit infeksi opportunistik (IO) pada anak-anak, yang menderita HIV/AIDS di antaranya pneumoni (radang paru), meningitis kriptokokus (radang selaput otak), kardiasis esofagus (infeksi jamur pada saluran pencernaan) dan malnutrisi (gizi buruk).

“Karenanya, perlu diwaspadai gizi buruk terhadap anak, karena hal itu bias sebagai gejala AIDS pada anak,” katanya.
(dat03/wsp)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=84982:waspadai-gizi-buruk-sebagai-gejala-aids-pada-anak&catid=14:medan&Itemid=27
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts