Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Yuk, Kita Kurangi Konsumsi Garam

Labels: ,
21/01/2010 19:37

Liputan6.com, Boston: Jika anda ingin hidup lebih sehat, kurangilah konsumsi garam setiap harinya. Ini adalah nasehat para ilmuwan di Amerika Serikat. Mereka mengatakan, pengurangan konsumsi garam tiga gram sehari dapat mencegah 66 ribu penyakit stroke, 99 ribu serangan jantung, dan 92 ribu kematian di Amerika Serikat. Hal tersebut juga diyakini dapat menghemat biaya kesehatan sebesar US$ 24 miliar pertahun, demikian dilaporkan sejumlah peneliti AS pada Reuters, Rabu (20/1).

Keuntungan ini sama dengan pengurangan konsumsi rokok hingga 50 persen per hari, yang juga secara signifikan bisa mengurangi jumlah penderita obesitas dan serangan jantung, demikian dikatakan Dr. Kirsten Bibbins-Domingo, seorang peneliti dari Universitas California dan San Francisco.

Garam yang merupakan komponen tertinggi penyebab munculnya penyakit tekanan darah tinggi dan jantung, telah digunakan secara berlebihan oleh warga Amerika. Para pria di sana umumnya mengkonsumsi 10,4 gram garam per hari, sedangkan para wanitanya mengkonsumsi 7,3 gram garam per hari. Jumlah konsumsi garam yang 75 hingga 80 persen berasal dari makanan yang telah diproses ini, cenderung meningkat setiap harinya.

Laporan New England Journal of Medicine menyebutkan, mengurangi konsumsi garam satu gram garam per hari akan mencegah 11 hingga 23 ribu penyakit stroke, 18 hingga 35 ribu serangan jantung, dan 15 hingga 32 ribu kematian dari berbagai penyakit lainnya.(MLA)

http://kesehatan.liputan6.com/berita/201001/260099/Yuk.Kita.Kurangi.Konsumsi.Garam
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts