Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pasien DBD Terpaksa Dirawat di Selasar

01/02/2010 21:52

Liputan6.com, Magetan: Jumlah pasien yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD) di Magetan, Jawa Timur, hingga Senin (1/2) terus bertambah. Akibat keterbatasan ruang rumah sakit, sejumlah pasien DBD tersebut terpaksa dirawat di selasar atau lorong rumah sakit.

Salah satu rumah sakit yang banyak menangani pasien DBD di Magetan adalah Rumah Sakit Umum dokter Sayidiman. Dalam tiga hari terakhir, pihak RSU Sayidiman terus menerima puluhan pasien penderita DBD. Sebagian besar pasien adalah anak-anak, serta sejumlah orangtua. Lantaran dirawat di selasar, keluarga pasien demam berdarah pun mengeluh.

Nunik, orangtua salah seorang pasien DBD mengatakan, anaknya terpaksa dirawat di lorong rumah sakit karena ruang perawatan sudah penuh. Ia merasa kasihan pada anaknya yang kedinginan terkena angin ketika malam tiba. Padahal, biaya perawatan yang harus dikeluarkan sama dengan pasien di dalam ruangan.

Berdasarkan data yang diperoleh SCTV, dalam satu hari, pihak RSU Sayidiman bisa menerima pasien DBD empat sampai tujuh orang. Sepanjang Januari silam, pihak rumah sakit merawat 55 pasien, bahkan dua di antaranya meninggal dunia. Jumlah itu meningkat tajam dibanding bulan sebelumnya yang hanya merawat 22 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Herry Susanto mengatakan, pihaknya bertekad menekan membludaknya jumlah pasien demam berdarah yang masuk dan dirawat di beberapa rumah sakit. Untuk itu, Dinas Kesehatan Magetan akan memaksimalkan perawatan di pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas. Dengan demikian, pasien DBD tidak perlu ke rumah sakit, namun cukup dirawat di puskesmas saja.(ARL/ANS)

http://kesehatan.liputan6.com/berita/201002/261831/Pasien.DBD.Terpaksa.Dirawat.di.Selasar
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts