Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Proyek Sungai Citarum Perlu Rp300 Miliar

Selasa, 02 Februari 2010 06:44 WIB

SOREANG-MI: Bupati Bandung, Jawa Barat, H Obar Sobarna mengungkapkan proyek pelurusan (grand design) aliran Sungai Citarum, sebagagi upaya mengatasi banjir musiman di daerah ini, memerlukan biaya paling sedikit Rp300 miliar.

Angka Rp300 miliar tersebut, kata Obar, muncul dalam pertemuan pihak Pemerintah Kabupaten Bandung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Dirjen Pengairan Departemen Pekerjaan Umum. Pertemuan yang dilakukan beberapa waktu lalu, menurut Obar Sobarna, merupakan upaya yang akan dilakukan pemerintah pusat dalam mengatasi banjir di kabupaten Bandung, akibat luapan Sungai Citarum.

"Ini merupakan grand design yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat yang pembicaraannya telah kami lakukan bersama beberapa waktu lalu," katanya, saat mengunjungi lokasi banjir di kampung Cieunteung, kelurahan/lecamatan Baleendah, Senin (1/2).

Obar Sobarna yang didampingi Kapolres Bandung, AKBP Imran Yunus, dan Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Kesehatan Kecamatan Baleendah, EviE Rufaidah, mengaku belum tahu realisasi rencana besar itu.

Masih berdasarkan hasil petremuan tersebut, lanjut Obar Sobarna, dana yang diperlukan untuk pelurusan sungai terpanjang di Jawa Barat itu, termasuk biaya pembebasan lahan yang terpakai untuk proyek itu.

Meski belum tahu proyek tersebut terealisasikan, kata Obar Sobarna, pihaknya bersama unsur Muspida kabupaten Bandung, tetap melakukan berbgai upaya penanggulangan banjir di daerahnya.

Upaya penanggulanagn dan pencegahan banjir, yang dilakukan Penerintah Kabupaten Bandung sambil menunggu realisasi grand design Sungai Citarum tersebut, lanjut Obar, antara lain melanjutkan pembangunan tanggul.

"Untuk pembangunan tanggul, yang berada di bawah kewenangan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citarum, Pemerintah Kabupaten Bandung telah menyumbang dana Rp30 juta," ujarnya.

Meski tanggul setinggi 1,5 meter itu belum bisa mencegah banjir, paling tidak sudah berfungsi menghambat derasnya luapan aliran Sungai Citarum, sehingga warga setempat bisa menyiapkan diri saat banjir menerjang perkampungan mereka.

Selain pembanguann tanggul yang berada di sekitar kampung Cieunteung tersebut, Pemerintah Kabupaten Bandung juga berencana membangun rumah singgah dan rumah susun bagi warga setempat.

Rencana lain, merenovasi gedung SD Negeri Mekarsari Kelurahan Baleendah, agar kegiatan belajar mengajar di SD tersebut tidak terganggu saat banjir terjadi di kampung tersebut.

"Bisa saja fondasinya dibangun lebih tinggi dari yang ada sekarang, sehingag bisa terhindar dari genangan air," katanya. (Ant/OL-7)

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/02/02/120615/123/101/Proyek-Sungai-Citarum-Perlu-Rp300-Miliar
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts