Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Angka Kebutaan di Indonesia masih Tertinggi di Asia

Rabu, 26 Mei 2010 15:31 WIB

Metrotvnews.com, Bandung: Akibat belum adanya sistem penanggulangan kesehatan mata nasional (SPKMN), angka kebutaan mata di Indonesia masih di atas 3,67 juta orang. Angka
tersebut merupakan tertinggi di Asia.

Dari jumlah itu, sebanyak 76% disebabkan oleh katarak. Sisanya karena kelainan retina, infeksi, dan glukoma. Tetapi lebih dari 90% kasus kebutaan di Indonesia sebenarnya masih bisa disembuhkan.

"Tingginya angka kebutaan di Indonesia tidak pernah menurun secara signifikan sejak 2000. Karena kesadaran masyarakat untuk memeriksakan mata masih rendah. Padahal sebagian besar kasus kebutaan mata bisa ditanggulangi dan diobati," kata Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Mata Cicendo Hikmat Wangsaatmadja di Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/5).

Rendahnya kesadaran, lanjut Hikmat, disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari sikap pemerintah yang kurang menyosialisasikan tentang kesehatan mata.

Wacana SPKMN, kayanya, sebenarnya telah muncul sejak akhir 1990-an. Namun pergantian kepemimpinan sampai sekarang tidak membuat masalah kebutaan diperhatikan secara serius.

Promosi kesehatan mata oleh pemerintah berada di urutan terbawah dari berbagai program penanggulangan penyakit, atau masih kalah bila dibandingkan dengan kanker, flu burung dan babi, demam berdarah, HIV/AIDS, serta tuberculosis. Karena, asumsi yang dipakai, kebutaan tidak mengakibatkan kematian.

"Kebutaan memang tidak membuat seseorang meninggal. Tetapi kebutaan menyebabkan kesejahteraan seseorang dan keluarganya terganggu. Si penderita terkungkung seumur hidup," paparnya.

Ia berharap Kementerian Kesehatan mulai memberikan perhatian serius terhadap masalah kebutaan. Meningkatkan program sosialisasi dan pencegahan dini kepada masyarakat terutama di wilayah berpenduduk miskin. (MI/ICH)

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/05/26/18809/Angka-Kebutaan-di-Indonesia-masih-Tertinggi-di-Asia-/
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts