Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Bakteri Tanah Tumbuhkan Otak Anak

Rabu, 26 Mei 2010 11:39 WIB

Penulis : Ikarowina Tarigan

CEMAS setiap kali melihat anak kesayangan Anda bermain lumpur atau tanah jorok? Hilangkan kekhawatiran Anda dan biarkan anak mengekspresikan diri. Cara ini, menurut temuan peneliti, bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Setelah melakukan serangkaian percobaan, peneliti menemukan bahwa paparan terhadap bakteri tertentu di lingkungan bisa meningkatkan kemampuan belajar.

"Mycobacterium vaccae merupakan bakteri tanah alami yang cenderung ditelan atau dihirup saat orang-orang menghabiskan waktu di alam," tutur peneliti Dorothy Matthews dari The Sage Colleges di Troy, New York, seperti dikutip situs ScienceDaily.com, Selasa (25/5).

Studi-studi sebelumnya yang mempelajari M. vaccae pada tikus menemukan, bakteri tersebut bisa menstimulasi pertumbuhan beberapa neuron di otak. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar serotonin dan mengurangi kecemasan.

"Karena serotonin berperan dalam proses belajar. Kami mencari tahu apakah M. vaccae hidup bisa memperbaiki proses belajar pada tikus," terang Matthews. Matthews dan timnya ternyata menemukan hasil positif.

"Kami menemukan bahwa tikus yang diberikan bakteri hidup dapat menyusuri maze (lorong berliku-liku) dua kali lebih cepat dan dengan tingkat kecemasan lebih rendah dibandingkan tikus yang tidak diberikan bakteri tersebut."

Menurut Matthews, akan sangat menarik jika sekolah menciptakan lingkungan belajar yang melibatkan aktivitas menghabsikan waktu di luar ruangan. Saat berada di luar ruangan, anak bisa mendapatkan M. vaccae untuk menurunkan kecemasan dan memperbaiki kemampuan mempelajari tugas-tugas baru. (IK/OL-08)

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/05/26/2624/2/Bakteri-Tanah-Tumbuhkan-Otak-Anak
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts